Comscore Tracker

5 Bahan Alami Alternatif untuk Menggantikan Peran Gula, Manis Banget!

Aman dan gak jadi ketergantungan gula

Gula merupakan bahan pemanis yang sering sekali dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Penambahan gula pada makanan akan membuat cita rasanya juga akan lebih manis.

Namun, mengonsumsi gula berlebihan justru hanya akan memberikan efek tak baik, salah satunya adalah diabetes. Oleh sebab itu, kamu dapat mengganti bahan gula dengan beberapa bahan alternatif lain. Yuk, simak.

1. Madu

5 Bahan Alami Alternatif untuk Menggantikan Peran Gula, Manis Banget!britannica.com

Tentunya tak ada yang bisa menolak bahan pemanis alternatif yang satu ini. Madu memang telah banyak dikenal sebagai bahan pemanis alami yang dapat menggantikan peran gula. Selain sama-sama manis, tentunya madu juga aman dikonsumsi sehari-hari.

2. Stevia

5 Bahan Alami Alternatif untuk Menggantikan Peran Gula, Manis Banget!medicalnewstoday.com

Tumbuhan daun stevia memang telah banyak digunakan ekstraknya sebagai salah satu bahan dalam pembuatan gula alami. Stevia cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang dalam masa diet. Selain itu, cita rasanya juga 200-300 kali lebih manis dari pada gula juga dapat menjadi pilihan untukmu.

Baca Juga: 5 Bahan Pemanis Pengganti Gula yang Aman untuk Penderita Diabetes

3. Sirup maple

5 Bahan Alami Alternatif untuk Menggantikan Peran Gula, Manis Banget!cottagelife.com

Untuk pemanis yang satu ini sangat sering digunakan sebagai pemanis untuk menu pancake. Sirup maple terbuat dari ekstrak getah pohon maple. Sirup ini memiliki kandungan yang sangat baik dan bermanfaat untuk daya tahan tubuh. Tentunya sirup ini selain manis, tapi juga sehat.

4. Agave nectar

5 Bahan Alami Alternatif untuk Menggantikan Peran Gula, Manis Banget!healthline.com

Untuk bahan pemanis yang satu ini memiliki indeks glikemik yang baik untuk tubuh. Selain itu, bahan ini juga dapat menekan angka gula darah pada tubuh. Tak heran bila memang agave nectar banyak menjadi pilihan banyak orang untuk menggantikan gula.

5. Gula aren

5 Bahan Alami Alternatif untuk Menggantikan Peran Gula, Manis Banget!wahanapersadagroup.co.id

Di Indonesia memang penggunaan gula aren masih cukup sering dan populer untuk beraneka jenis makanan ataupun minuman. Gula aren yang pada umumnya berwarna cokelat ini memiliki cita rasa yang manis dan tentunya lebih sehat. Hal ini membuat gula aren dapat menjadi alternatif pengganti gula pasir.

Bisa dicoba tuh pemanis yang berasal selain dari gula pasir. Kamu mau coba mencicipinya? Rasa manisnya sama saja, kok.

Baca Juga: 5 Pemanis Alami Pengganti Gula Pasir, Mana yang Paling Sehat?

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya