Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Kamu suka pesan minuman yang satu ini gak? 

Siapa yang tidak tahu caffe latte? Para pecinta kopi rasanya sudah cukup mengenal jenis minuman yang satu ini. Latte sendiri merupakan kombinasi dari espresso atau kopi dan susu, selain itu latte memiliki busa pada bagian atasnya. Jenis kopi yang satu cukup populer hampir di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang familiar dan ramah bagi orang yang bahkan tidak menyukai kopi. 

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar caffe latte, berikut lima daftarnya! 

1. Sejarah caffe latte

5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!thejakartapost.com

Awal mula tercetuskannya ide untuk membuat latte hadir dari Italia. Seorang barista pertama di Italia yang juga memiliki kafe, yaitu Lino Meiorin pada akhir 1950-an melihat bahwa banyak pengunjung kafe yang tidak terlalu menyukai cita rasa serta aroma kuat dari cappuccino sehingga banyak yang meminta untuk menambahkan susu lebih pada setiap minumannya.

Oleh sebab itu, tercetuslah ide untuk membuat suatu minuman yang menggunakan lebih banyak takaran susunya dan hingga kini dikenal dengan nama caffe latte.

2. Dahulu disajikan dengan menggunakan gelas beer

5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!Youtube/Dritan Alsela,

Dapatkah kamu membayangkan bila meminum kopi dengan ukuran gelas bir? Mungkin bisa menjadi suatu hal yang tidak terbayangkan ya. Namun, dahulu pencetus latte pertama justru menggunakan gelas beer lho sebelum kemudian menggunakan cangkir untuk menyajikan latte. Bahkan sebelum tercetus ide untuk menggunakan gelas beer, latte sebelumnya disajikan dengan menggunakan mangkuk.

3. Takaran caffe latte

5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!perfectdailygrind.com

Mungkin beberapa dari kalian masih bingung perihal takaran yang digunakan pada caffe latte yang sudah tentu berbeda dengan caffe macchiato dan latte macchiato. Umumnya caffe latte disajikan dengan takaran 1:3 dari perpaduan antara espresso, susu yang telah di-steam sebelumnya, dan foam dari susu.

Espresso yang digunakan adalah double shoot atau sekitar 60 mL dan tambahan susu sekitar 180 mL, jangan lupa dengan lapisan busa pada atasnya sekitar 1 cm. Sehingga tak heran bila caffe latte lebih terasa seperti susu.

Baca Juga: 15 Potret Unik 3D Latte Art, Cocok buat Kasih Surprise ke Doi Nih!

4. Latte art

5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!noosaelements.com.au

Tentu kamu sudah sering melihat atau justru menikmati minuman latte yang diberikan sentuhan seni pada bagian atasnya. Latte art memang menjadi primadona tersendiri pada saat ini, banyak orang yang mampu melukis berbagai bentuk bahkan dengan cita rasa dan warna yang jauh lebih menarik. Meski begitu tentu saja perlu teknik khusus ya sehingga tidak bisa sembarangan dalam menggambar diatas latte.

5. Jenis kopi yang paling disukai di Indonesia

5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!independent.co.uk

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja caffe latte menjadi sesuatu yang sudah sangat familiar, seperti halnya masyarakat lokal kita yang menyukai kopi susu. Cita rasa dan aromanya yang tidak terlalu kuat serta perpaduan susu dengan takaran yang jauh lebih banyak dari kopi, tak heran bila caffe latte menjadi salah satu jenis kopi primadona disini.

Nah, 5 fakta menarik seputar caffe latte diatas semoga dapat menjadi informasi menarik bagimu agar semakin mengenal jenis kopi yang satu ini. Ingin coba secangkir lagi?

Baca Juga: 5 Varian Unik Latte Tanpa Kopi, Gak Kalah Lezat Lho!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You