Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengah

Sekilas mirip puree lho

Hummus merupakan salah satu hidangan dengan konsistensi lembut khas timur tengah yang juga biasa disebut sebagai puree, saus cocol, maupun bubur. Komponen utama dari hummus adalah kacang arab yang telah digiling dan dicampur tahini yaitu sejenis wijen giling, minyak zaitun, limau yang telah diperas, bawang putih, dan garam. Memiliki konsistensi yang lembut dan lezat, hummus seringkali menjadi teman makan dari beberapa makanan lezat khas Timur Tengah lainnya. Dibalik keunikan rasanya, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar hummus?

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar hummus yang dapat diulas, simak yuk apa saja!

1. Makanan sehat yang cocok untuk para vegan

5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengahgoya.com

Untuk kalian yang merasa seorang vegetarian dan menghindari konsumsi daging, tentu saja hummus dapat menjadi salah satu menu menarik yang dapat dicoba. Hummus sendiri memiliki komposisi dari kacang arab, minyak zaitun, garam, tahini, dan bawang putih, tentunya komponen bahan tersebut aman untuk dikonsumsi para vegetarian bersama dengan roti maupun keripik.

2. Memiliki kandungan baik

5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengahtaste.com.au

Kita tidak perlu ragu dalam mengonsumsi hummus sebagai salah satu menu andalan dalam makan, hal ini karena terdapat kandungan baik yang terdapat didalamnya seperti sumber zat seng dan folat. Kandungan jenis ini tentu saja sangat bermanfaat untuk dikonsumsi oleh banyak orang sehingga tidak perlu ragu lagi. Selain itu, kandungan karbohidrat didalamnya juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Sudah banyak varian rasa yang lebih cocok dimulut

5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengahcookinglight.com

Beberapa orang di luar Timur Tengah mungkin sedikit mengalami kesulitan dalam mengonsumsi hummus karena cita rasa yang kurang cocok dengan lidah, sementara memang hummus memiliki konsistensi yang relatif kental, kasar, dan berminyak. Namun, saat ini banyak varian hummus yang sudah cocok di lidah penikmatnya dan tentunya dengan konsistensi yang lebih lembut layaknya bubur.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kanafa, Pastri Renyah dari Timur Tengah

4. Hidangan yang populer seantero Timur Tengah bahkan Afrika

5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengahsimplyrecipes.com

Kita mungkin banyak yang menyangka bahwa hummus merupakan makanan tradisional yang erat kaitannya dengan daratan Turki, padahal sebenarnya hummus merupakan makanan yang sangat populer seantero Timur Tengah bahkam kepopulerannya hingga ke Afrika Utara. Ini lah yang membuat hummus menjadi salah satu hidangan yang cukup menakjubkan.

5. Hidangan yang mudah dimasak

5 Fakta Menarik Seputar Hummus, Makanan Lembut Khas Timur Tengahfitasamamabear.com

Jika kamu ingin menikmati hidangan khas Timur Tengah, namun bingung untuk membuatnya, maka hummus dapat menjadi salah satu pilihan alternatif. Hummus merupakan salah satu makanan Timur Tengah yang proses pengolahannya sangat mudah untuk dilakukan, hanya dengan menghaluskan kacang arab bersama dengan beberapa bahan yang dibutuhkan.

Nah, 5 fakta menarik seputar hummus diatas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin mencoba atau memasak hummus. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Resep Roti Timur Tengah yang Tak Banyak Orang Tahu

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa. Mari terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You