Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Tentang Odeng, Jajanan Khas Korea yang Mendunia

Sudah pernah cicipin?

Korea Selatan selalu memiliki segudang hal menarik untuk diulas, tidak terkecuali tentang kulinernya. Ada beragam jenis makanan yang ditawarkan dari mulai di pinggir jalan hingga sekelas bintang lima, namun tentu saja selalu ada yang menarik dari setiap kuliner yang dijajakan. Salah satu makanan populer di negeri gingseng ini adalah odeng. Memiliki ciri khas yang mirip seperti sate usus, ternyata odeng memiliki fakta menarik lho.

Untuk kamu yang penasaran ingin mencicipi jajanan khas Korea ini, intip yuk 5 fakta menarik tentang makanan ini!

1. Sate ala Korea

5 Fakta Menarik Tentang Odeng, Jajanan Khas Korea yang Menduniafuturedish.com

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan bahwa odeng memiliki bentuk yang mirip dengan sate dengan tusukan yang digunakan. Pada dasanya bahan pembuatan sate ala Korea ini terbuat dari ikan yang biasanya telah direbus dan ditusuk dengan menggunakan tusuk ala sate. Tentunya odeng memiliki cita rasa tersendiri yang dapat dinikmati.

2. Paling cocok dikonsumsi saat musim dingin

5 Fakta Menarik Tentang Odeng, Jajanan Khas Korea yang Menduniasalamkorea.com

Tahukan kamu bahwa ternyata odeng sangat populer dan digemari saat musim dingin tiba, hal ini karena pada proses penyajiannya ternyata odeng menggunakan kuah atau kaldu panas sehingga sangat cocok untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, odeng juga dapat dinikmati dengan menggunakan saus seperti saus kedelai.

3. Jenis-jenis odeng

5 Fakta Menarik Tentang Odeng, Jajanan Khas Korea yang Menduniacrazykoreancooking.com

Seperti makanan khas tradisional lainnya, odeng ternyata memiliki jenis-jenisnya tersendiri yang dapat dinikmati lho. Secara umum terdapat 3 jenis varian odeng yang dapat dipilih, jenis pertama adalah odeng yang disajikan dengan kaldu panas yang diracik dengan menggunakan lobak, daun bawang, kepiting, dan rumput laut. Jenis odeng yang pertama ini biasanya disajikan di warung makan sederhana di pinggir jalan. Jenis yang kedua adalah odeng yang disajikan dengan tambahan saus mustard dan saus tomat, sedangkan jenis odeng yang ketiga disajikan dengan meletakan ikan pada mangkuk dan menambahkan kaldu, cabai, bawang merah, serta kedelai. Jenis odeng yang ketiga sering disebut dengan nama odeng tang atau eomuk guk.

Baca Juga: Cara Gampang Masak Japchae, Kuliner Korea yang Pas Jadi Lauk untuk Berbuka

4. Kota asal odeng

5 Fakta Menarik Tentang Odeng, Jajanan Khas Korea yang Menduniatheculturetrip.com

Jika berbicara mengenai odeng rasanya tidak lengkap apabila melewatkan Busan. Kota Busan adalah salah satu kota besar yang ada di daratan Korea, lewat kota ini lah odeng dipopulerkan selama masa penjajahan Jepang dulu. Selain itu, untuk kamu yang ingin menikmati odeng dengan cita rasa luar biasa, maka jangan lewatkan kota Busan sebab disinilah lokasi populer dari varian odeng lezat.

5. Makanan murah meriah khas street food

5 Fakta Menarik Tentang Odeng, Jajanan Khas Korea yang Mendunialivingnomads.com

Jika kamu berkunjung ke Korea suatu saat nanti, jangan lewatkan jajanan street food seperti odeng ini sebab selain rasanya yang lezat tentu saja harga yang ditawarkan juga murah meriah dan ramah di kantong. Jadi, harus mencoba jajanan ini ya!

Nah, 5 fakta menarik tentang odeng di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang penasaran ingin mencicipi makanan yang satu ini atau bagi yang ingin mengunjungi Korea nanti. Lezat, bukan?

Baca Juga: 10 Makanan Korea Paling Aneh, Berani Coba?

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa. Mari terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You