Comscore Tracker

5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktis

Rekomendasi buat kamu yang mager bikin sarapan dan bekal

Bagi para pecinta olahan khas Asia Timur khususnya Negeri Sakura, sudah pasti tidak akan asing dengan makanan yang satu ini. Onigiri adalah nasi kepal berbentuk segitiga yang biasanya dibungkus dengan rumput laut dan berisi varian isian lezat. Selain itu, onigiri juga sangat populer untuk bekal karena praktis dan mudah untuk disantap. 

Untuk kamu yang mungkin sering mencicipi olahan ini, sudah tahukah kamu dengan lima fakta seputar onigiri yang memanjakan lidah? Simak daftarnya berikut ini! 

1. Sejarah onigiri

5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktisverywellfit.com

Tidak diketahui secara pasti mengenai fakta sejarah ditemukan onigiri yang hingga kini dikenal sebagai makanan khas Jepang. Namun, pada abad ke-11 tertulis di buku Murasaki Shikibu Nikki dari Murasaki Shikibu bahwa terdapat orang yang memakan bola-bola nasi. Konon pada saat itu onigiri juga dikenal dengan nama tonjiki. Selain itu, ada pula beberapa versi dari sejarah ditemukan onigiri.

Meski begitu, namun kelezatan dan eksistensi makanan ini sudah cukup terkenal di masyarakat dunia. 

2. Jenis dari onigiri

5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktisasianinspirations.com.au

Seperti makanan pada umumnya, onigiri memiliki berbagai versi yang disuguhkan. Bila onigiri secara original terbuat dari nasi kepal dan nori atau rumput laut, namun pada jenis onigiri lain juga terdapat isian dari ikan tuna, salmon, dan sebagainya. Ada pula yang menggunakan nasi campuran ataupun tanpa nori .

Baca Juga: Resep Spicy Chicken Mayo Onigiri yang Murah Meriah dan Tanpa Cetakan

3. Tidak dimakan menggunakan sumpit

5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktisverywellfit.com

Bila berbicara mengenai kuliner khas Asia Timur pastilah yang terlintas di pikiran adalah penggunaan sumpit yang biasa menjadi identitas khas dari warga lokal disana. Namun, menyantap onigiri tidaklah perlu menggunakan sumpit lho, melainkan hanya cukup dengan menggunakan tangan.

Selain karena bentuknya yang cukup besar, namun juga budaya setempat yang membiasakan untuk menggunakan tangan saat menikmatinya. 

4. Bekal praktis

5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktisdbento.com

Jika berbicara mengenai bekal praktis, tentu onigiri wajib menjadi pilihan utama bagimu. Selain karena bahan yang digunakan tidak lah rumit, proses pembuatannya juga cukup cepat. Namun, bila kamu malas atau tidak punya waktu untuk membuat onigiri, olahan khas Jepang ini juga tersedia di beberapa mini market lho sehingga mudah dan aman untuk dikonsumsi. 

5. Onigiri dan omusubi

5 Fakta Seputar Onigiri, Nasi Kepal yang Cocok untuk Bekal Praktisjapanesecooking101.com

Banyak yang bingung antara onigiri dan omusubi, ada pula yang berspekulasi bahwa keduanya berbeda ataupun serupa. Terlepas dari hal tersebut, baik onigiri atau omusubi sama-sama adalah nasi yang ditanak dan kemudian dikepal dengan menggunakan tangan. Meski banyak yang beranggapan keduanya berbeda, namun tetap saja perbedaan antara onigiri dan omusubi tidak begitu terlihat. 

Nah, lima fakta menarik seputar onigiri di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu agar semakin mengenal jenis makanan khas Jepang yang satu ini. 

Baca Juga: Anti Mainstream! Menu Go-Food Restoran Jepang Ini Dijamin Bikin Ngakak

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya