Comscore Tracker

5 Kreasi Sate yang Unik dan Gak Biasa, Kamu Mau Coba? 

Rasanya ada yang manis dan gurih

Sate pada umumnya adalah daging yang ditusuk menggunakan kayu atau bahan lainnya yang kemudian dibakar di atas arang dan dibumbui dengan beraneka jenis rempah-rempah khas yang akan memanjakan lidah. Dibawah tangan orang-orang kreatif justru sate ini akan disulap menjadi aneka jenis sate unik dan gak biasa yang bikin gak bisa berhenti nguyah.

Penasaran dengan 5 jenis sate unik yang enak dan lezat untuk dinikmati? Simak yuk!

1. Sate aneka buah

5 Kreasi Sate yang Unik dan Gak Biasa, Kamu Mau Coba? ziarozami.blogspot.com

Sate segar yang satu ini adalah satu sate sehat dengan proses pembuatan yang sangat mudah, dapat pula dicoba dirumah. Hanya dengan memotong-motong buah dengan ukuran kecil atau dadu, kemudian ditusukkan pada sebilah bambu kecil. Sate buah yang segar pun siap untuk dihidangkan, jangan lupa tambahkan madu atau cokelat sebagai tambahan rasa manis dan segar dari sate buah ini. Bikin ngiler kan?

2. Sate lilit

5 Kreasi Sate yang Unik dan Gak Biasa, Kamu Mau Coba? deskgram.net

Sate khas Bali ini memiliki keunikan yang terletak pada cara menghidangkannya. Sate lilit juga terbuat dari ikan tenggiri yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai rempah-rempah khas yang akan menambah cita rasa sate ini. Keunikan lainnya adalah sate ini tidak disajikan dengan ditusuk, melainkan dililitkan pada sebatang serai yang telah dibakar. Enak banget!

Baca Juga: 5 Sate Legendaris Langganan Para Presiden RI, Rugi kalau Belum Cobain

3. Sate kebab

5 Kreasi Sate yang Unik dan Gak Biasa, Kamu Mau Coba? rumahmesin.com

Kamu pecinta makanan khas Turki yang satu ini? Tentunya menu sate kebab tidak boleh kamu lewatkan. Jika pada umumnya kebab disajikan berupa gulungan dengan komposisi tertentu, maka sate kebab juga dihidangkan dengan cara yang unik yaitu ditusukkan pada sebilah kayu dan ditambahkan komposisi tambahan yaitu tomat atau paprika, jangan lupa potongan daging khas Turki dan rempah-rempah sebelum mulai membakarnya di atas bara api. Dijamin ketagihan nyobanya!

4. Sate kere

5 Kreasi Sate yang Unik dan Gak Biasa, Kamu Mau Coba? travelingyuk.com

Dari luar mungkin sate ini nampak seperti sate pada umumnya yang ditusuk dengan sebilah kayu, ditambahi bumbu kacang, dan lontong yang telah dipotong-potong kecil. Tapi keunikan dari sate kere khas Solo terletak pada komposisi dalam membuatnya.

Ya, jika pada umumnya sate terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing, sate kere ini terbuat dari tempe gambus yang merupakan olahan dari ampas tahu, selain itu jeroan juga menjadi komposisi dalam sate unik ini. Hal ini karena pada zaman dahulu sate merupakan makanan kelas atas, sehingga masyarakat menciptakan makanan serupa yang lebih terjangkau dan mirip dengan aslinya. Wah kreatif dan enak ya!

5. Sate seafood

5 Kreasi Sate yang Unik dan Gak Biasa, Kamu Mau Coba? m.mediaindonesia.com

Jika sate dengan komposisi daging sudah biasa, maka kamu wajib mencoba sate dengan bahan dasar seafood. Bukan hanya udang lho yang bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu, tapi berbagai olahan laut lainnya seperti cumi-cumi, ikan, gurita, juga wajib kamu coba sebagai menu unik bagi kamu yang ingin mencicipi sate dengan sensasi rasa yang berbeda.

Nah, 5 referensi menu unik tentang sate di atas dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin mencoba olahan sate dengan komposisi yang berbeda tapi tetap lezat. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Ada Ulat Dibikin Sate, Nih 8 Kuliner Khas Papua yang Anti-Mainstream

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You