Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Membeli Takjil untuk Berbuka Puasa Agar Tetap Sehat

Jangan semuanya dimakan lho

Memasuki bulan ramadan tentu kita akan teringat dengan sesuatu yang sangat lekat pada bulan suci ini, yaitu takjil untuk berbuka. Pada bulan ramadan biasanya banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya sebagai hidangan untuk berbuka, baik makanan maupun minuman. Takjil tersebut biasanya dijajakan pada sepanjang jalan agar pengendara pun dapat melihatnya, tak jarang hal ini lah yang membuat jalanan menjadi terasa ramai dan macet karena banyak orang berbondong-bondong membeli takjil. Tapi, tahukan kamu tips cerdas memilih takjil untuk berbuka?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana memilih takjil yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh, simak yuk apa saja!

1. Belilah di tempat yang terpercaya

5 Tips Cerdas Membeli Takjil untuk Berbuka Puasa Agar Tetap SehatPexels/Clem Onojeghuo

Takjil memang seringkali banyak dijajakan di sepanjang jalan, namun kita tentu tidak dapat menjamin kandungan maupun rasa dari takjil tersebut apabila kita membelinya secara acak. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila kita membeli takjil kepada orang yang telah kita kenal sebelumnya sehingga kandungan dan cita rasa dari takjil pun dapat terjamin.

2. Perhatikan kebersihannya

5 Tips Cerdas Membeli Takjil untuk Berbuka Puasa Agar Tetap SehatPexels/Pragyan Bezbaruah

Hal yang paling utama saat membeli makanan khususnya takjil adalah dengan memperhatikan kebersihan dagangannya. Pastikan bahwa makanan tersebut tertutup rapat dan terhindar dari hewan-hewan semacam lalat maupun serangga. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi kebersihan dan kualitas dari takjil yang dibeli sehingga kita perlu ekstra lebih hati-hati dalam memilihnya.

3. Jangan mudah terpikat dengan makanan berwarna cerah dan periksa teksturnya

5 Tips Cerdas Membeli Takjil untuk Berbuka Puasa Agar Tetap SehatPexels/Igor Ovsyannykov

Saat membeli takjil, seringkali kita terpikat dengan berbagai macam takjil berwarna cerah yang memanjakan mata. Meski warnanya cerah, namun kita perlu waspada terhadap kandungan didalamnya apalagi jika kita membeli takjil secara acak dan bukan dengan penjual yang telah kita percaya. Perhatikan apakah ada kejanggalan dalam warnanya atau tidak, misalnya terlalu cerah tidak seperti warna alami lainnya. Selain itu, tekstur dari makanan juga perlu diperhatikan untuk mencegah makanan yang telah dicampur zat-zat kimia seperti formalin.

Baca Juga: Enak Untuk Takjil, 7 Buah Segar Ini Cocok Untuk Dijadikan Smoothies

4. Banyak bertanya pada penjual

5 Tips Cerdas Membeli Takjil untuk Berbuka Puasa Agar Tetap SehatPexels/Tracy Nguyen

Sebagai pembeli tentu saja kita telah dilabeli sebagai gelar raja, maka jangan takut dan jangan malu untuk bertanya mengenai dagangannya asal tetap sopan dan santun. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa pertanyaannya seputar bahan-bahan yang digunakan atau proses pembuatannya. Tentunya dengan begitu kita akan mengetahui secara jelas mengenai takjil yang akan kita beli.

5. Jangan mudah tergoda dengan harga miring

5 Tips Cerdas Membeli Takjil untuk Berbuka Puasa Agar Tetap SehatPexels/Aarti Krishnan

Apabila kita melihat pedagang yang menjajakan takjil dengan harga miring dibawah harga pada umumnya, maka jangan dulu tergoda. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu kualitas dari takjil tersebut, pastikan bahwa kandungan serta kualitasnya masih bagus sehingga dapat layak dikonsumsi. Hal ini ditakutkan karena kualitas takjil sudah kurang bagus sehingga dijual dengan harga yang miring.

Nah, 5 tips memilih takjil diatas dapat menjadi informasi bagi kamu untuk tidak sembarangan dalam memilih takjil saat berbuka puasa. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya