Comscore Tracker

5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!

#IDNTimesFood Memasak jadi bisa untuk semua orang, deh

Memasak memang banyak dilakukan oleh semua orang, tak terbatas pada gender. Meskipun aktivitas ini membutuhkan banyak peralatan khusus, namun semua orang meski dengan keterbatasan tetap bisa melakukannya.

Salah satunya adalah penyandang disabilitas seperti tunanetra. Mereka tetap bisa memasak dengan beberapa tips penting berikut ini.

1. Menata peralatan dan bahan-bahan

5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!ilustrasi peralatan masak (Unsplash/Todd Quackenbush)

Kunci utama dari keberhasilan memasak bagi penyandang tunanetra adalah dengan memahami secara jelas di mana peralatan memasak dan bahan-bahan disimpan. Kemampuan mengingatnya akan membantu mereka dalam memasak dan mengambil bahan-bahan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, pastikan alat-alat dan bahan-bahan yang akan digunakan telah tersimpan dengan rapi.

2. Kemampuan indera penciuman

5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!ilustrasi mencium masakan (healthline.com)

Untuk dapat membedakan satu bahan dengan bahan lainnya, penyandang tunanetra biasanya akan mengandalkan kemampuan indera penciumannya. Mereka akan mampu membedakan satu bahan dengan bahan lain dengan cara mencium aromanya. Melalui cara tersebut, maka memasak dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3. Meletakkan benda tajam di tempat khusus

5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!ilustrasi pisau dapur (Unsplash/Kevin Doran)

Memasak tentu saja perlu mengutamakan keselamatan sebagai kunci utamanya. Salah satunya adalah bagaimana cara meletakkan benda tajam di tempat khusus yang telah disediakan. Selain itu, pastikan posisi kompor dan gas tersimpan dengan baik sehingga tak mudah tersenggol dan menimbulkan bahaya.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Kehabisan Ide dalam Memasak, Anti Monoton

4. Memasak dengan santai

5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!ilustrasi memasak (Unsplash/Conscious Design)

Tak hanya untuk para penyandang tunanetra saja, namun semua orang yang memasak sehari-hari sebaiknya dapat melakukan hal tersebut dengan santai. Jangan memasak dengan terburu-buru karena akan berpotensi membahayakan diri. Melalui cara memasak yang santai, maka kamu dapat berhati-hati dan menghasilkan cita rasa yang lebih lezat.

5. Sebaiknya ditemani dalam memasak

5 Tips Memasak Aman untuk Tunanetra, Keselamatan Tetap yang Utama!ilustrasi memasak (Unsplash/Jimmy Dean)

Dalam memasak sebaiknya para penyandang tunanetra lebih disarankan untuk meminta seseorang agar dapat menemani. Melalui cara tersebut, maka beberapa hal-hal berbahaya seperti memotong bahan, menghidupkan kompor, dan aktivitas lainnya dapat dilakukan dengan baik. Jika begitu, proses pemasakan dapat berjalan dengan lancar.

Ternyata para penyandang tunanetra pun tetap dapat melakukan aktivitas memasak dengan baik, namun tetap memprioritaskan keselamatan. Semoga tips ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ikan biar Gak Amis, Baunya Jadi Lebih Sedap

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya