Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kue ala Chef Profesional untuk Kamu yang Masih Pemula

#IDNTimesFood Hasilnya tetap lezat dan memuaskan, lho!

Membuat kue merupakan salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan di dapur selain memasak sajian umum. Biasanya beberapa orang justru lebih menyukai membuat kue dibandingkan dengan memasak biasa. Padahal, ternyata proses pembuatan kue justru dikenal lebih sulit bila dibandingkan dengan proses memasak lainnya.

Jika kamu masih pemula, maka mungkin akan terasa sulit dalam membuat kue. Padahal, kamu dapat mencoba beberapa tips sederhana di bawah ini agar dapat membuat kue layaknya chef profesional.

1. Memilih dan memahami resep dengan seksama

5 Tips Membuat Kue ala Chef Profesional untuk Kamu yang Masih Pemulailustrasi membaca resep (Unsplash/Roman Kraft)

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memilih jenis kue seperti apa yang akan kamu buat. Jika sudah memilih, maka sebaiknya kamu perlu memahami resep yang telah ada.

Pahami isi resep secara keseluruhan agar nantinya kamu justru tidak bingung lagi dalam membuat kue. Dengan cara begitu, maka hasil kue yang dibuat pun jadi lebih maksimal.

2. Kumpulkan bahan-bahan dan alat-alat terlebih dahulu

5 Tips Membuat Kue ala Chef Profesional untuk Kamu yang Masih Pemulailustrasi bahan-bahan kue (Unsplash/Annie Spratt)

Biasanya di dalam resep terdapat beberapa bahan-bahan dan alat-alat yang perlu kamu persiapkan. Kamu dapat mulai mengeluarkan semuanya dan mengumpulkannya pada satu tempat.

Cara ini dinilai ampuh agar nantinya tidak akan ada lagi bahan atau alat yang tertinggal di tengah proses pembuatan kue. Kamu pun jadi bisa lebih fokus dengan proses pembuatannya.

3. Mengetahui penggunaan bahan pada suhu tertentu

5 Tips Membuat Kue ala Chef Profesional untuk Kamu yang Masih Pemulailustrasi mentega (Unsplash/Sorin Gheorghita)

Membuat kue memang sedikit tricky bila kamu tidak memahaminya secara penuh. Ada beberapa bahan yang bahkan perlu kamu gunakan dalam suhu tertentu. Beberapa contohnya adalah penggunaan mentega dan telur yang biasanya harus pada suhu ruang terlebih dahulu, sehingga kamu perlu mengeluarkannya beberapa saat dari lemari pendingin agar suhunya tidak dingin lagi.

Contoh lainnya adalah penggunaan air dingin pada beberapa jenis sajian. Untuk mengetahui ini tentu kamu perlu memehami resep yang digunakan secara tepat.

Baca Juga: Ada Kue Kotak Sepatu, 5 Kreasi Kue Berikut Out of the Box Banget!

4. Tata cara penggunaan loyang

5 Tips Membuat Kue ala Chef Profesional untuk Kamu yang Masih Pemulailustrasi loyang kue (Unsplash/Riccardo Greg)

Pada kebanyakan menu kue, tentu saja penggunaan loyang terbilang cukup penting. Kamu perlu memahami tata cara penggunaannya secara tepat agar nantinya tidak sampai salah. Pastikan kamu telah memilih jenis loyang yang tepat sesuai dengan instruksi.

Hal ini juga termasuk dengan penggunaan bahan untuk mencegah adonan menjadi overcooked, seperti contohnya dengan mengoleskan mentega, menggunakan kertas roti, dan beberapa pilihan lain.

5. Gunakan gelas ukur atau timbangan bila memungkinkan

5 Tips Membuat Kue ala Chef Profesional untuk Kamu yang Masih Pemulailustrasi gelas takar (Unsplash/Morgane Perraud)

Untuk pemula memang biasanya penggunaan bahan-bahan tidak dapat diprediksi begitu saja. Kamu yang tidak familier dengan hal tersebut dapat mensiasatinya dengan menggunakan gelas ukur atau timbangan. Hal ini akan sangat berguna agar kamu dapat membuat adonan sesuai dengan resep yang tersaji.

Proses pembuatan kue layaknya chef profesional tentunya bukan menjadi isapan jempol belaka bila kamu dapat mencoba tips-tips dasarnya terlebih dahulu. Kamu pun jadi bisa membuatnya secara mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Kue Kering yang Terinspirasi dari Kue di Eropa, Populer saat Lebaran

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya