5 Tips Mememilih Rumput Laut yang Benar, Cocok Untuk Berbuka!

Ada yang suka rumput laut?

Rumput laut sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, jika Jepang menanfaatkannya untuk pembuatan nori, sementara Korea Selatan memanfaatkannya untuk pembuatan sup, maka lain halnya dengan Indonesia yang memanfaatkannya sebagai komposisi untuk minuman khususnya di bulan Ramadan. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih rumput laut yang baik? Cek tipsnya berikut ini:

1. Berwarna bening

5 Tips Mememilih Rumput Laut yang Benar, Cocok Untuk Berbuka!indotrading.com

Rumput laut memang awalnya memiliki warna yang hijau layaknya rumput, namun setelah diolah maka akan menjadi putih bening. Warna bening ini lah yang dapat menjadi indikasi kesegaran dari rumput laut. Jangan membeli rumput laut berwarna terlalu putih atau bahkan keruh karena ditakutkan telah terjadi percampuran pewarna buatan atau justru kualitasnya sudah menurun.

2. Bertekstur kaku

5 Tips Mememilih Rumput Laut yang Benar, Cocok Untuk Berbuka!reps-id.com

Rumput laut yang masih segar memiliki tekstur yang kaku, namun kenyal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang tekstur yang baik dari rumput laut. Pastikan bahwa tekstur tersebut tidak rapuh, namun juga tidak terlalu kenyal. Coba untuk mengecek konsistensi dari rumput laut dengan cara menekannya, ditakutkan ada penambahan zat kimia yang mengubah konsistensi dari tekstur rumput laut.

3. Beraroma khas

5 Tips Mememilih Rumput Laut yang Benar, Cocok Untuk Berbuka!alibaba.com

Rumput laut memiliki aroma khas yang sulit untuk dideskripsikan, namun dapat kita rasakan bahwa rumput laut tersebut dalam keadaan sehat. Patut dipertanyakan apabila rumput laut memiliki aroma yang apek, asam, atau beraroma zat kimia yang tidak mengenakan. Pastikan kita membeli rumput laut yang masih beraroma segar agar selalu aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Suka Makanan Jepang? Ini 6 Jenis Rumput Laut untuk Lengkapi Santapanmu

4. Hindari membeli rumput laut berwarna di pasaran

5 Tips Mememilih Rumput Laut yang Benar, Cocok Untuk Berbuka!kooliner.com

Rumput laut yang diolah menjadi manisan memang sangat lezat dan manis untuk dikonsumsi, namun perlu diperhatikan bahwa akan lebih baik untuk mengolahnya sendiri di rumah daripada membelinya di pasaran. Kita tidak bisa mengecek kesegaran rumput laut apabila telah di warnai, kita juga tidak dapat menebak apakah pewarna tersebut aman untuk dikonsumsi atau tidak.

5. Aktif bertanya kepada pedagang

5 Tips Mememilih Rumput Laut yang Benar, Cocok Untuk Berbuka!Pexels/Sebastian Sørensen

Sebagai pembeli kita wajib memperhatikan barang dagangan yang akan kita beli. Jangan sampai kita salah beli karena enggan bertanya langsung kepada penjual. Tentunya hal itu akan baik-baik saja apabila kita bertanya secara sopan tanpa ada unsur menyinggung asalkan pertanyaannya masih dalam konteks kesegaran dari rumput laut atau bagaimana proses dan bahan-bahan dalam pengolahannya.

Nah, lima tips memilih rumput laut di atas dapat kamu coba sebelum memutuskan untuk membeli rumput laut agar kesegaran dan kualitasnya tetap terjaga. Sudah siap mencoba?

Baca Juga: Bukan Cuma Sushi, 5 Hidangan Ini Juga Bisa Dibuat Dari Rumput Laut

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya