Comscore Tracker

5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsi

Jangan sampai salah pilih

Buah belimbing ternyata menjadi ikon kota Depok pada tahun 2007 dan sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Ada berbagai jenis belimbing, dari mulai yang dapat dikonsumsi langsung hingga yang digunakan untuk memasak. Di balik keunikannya dan cita rasanya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih belimbing yang tepat? Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih belimbing yang tepat dan sesuai agar manis saat dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Hindari belimbing yang berkerut

5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsiwagwalking.com

Apabila kamu membeli belimbing, coba perhatikan bagian permukaan dari kulit belimbing tersebut. Hindari membeli belimbing yang berkerut dan terlihat layu karena bisa jadi kesegarannya sudah hilang atau karena sudah terlalu lama dipanen. Pastikan kulit belimbing masih segar dan kencang.

2. Pilih belimbing dengan rusuk yang penuh

5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsiediblesarasota.ediblecommunities.com

Selanjutnya, kita dapat melihat kepada ciri dari rusuk-rusuk yang dimiliki oleh belimbing. Apabila kita melihat rusuk dari belimbing tersebut tampak penuh, maka ini dapat menjadi indikasi bahwa kematangannya merata sehingga akan manis dan lezat saat dikonsumsi. Jadi, apabila kamu ingin mendapatkan belimbing yang manis, pastikan memilih belimbing dengan rusuk-rusuk yang penuh.

3. Hindari belimbing yang memiliki memar

5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsiepicurious.com

Sebelum membeli belimbing pastikan memperhatikan permukaan dan tampilan dari kulit luarnya. Pastikan bahwa belimbing tidak memiliki memar ataupun sayatan pada permukaannya karena hal itu menjadi indikasi ketidak segaran dan juga membuat belimbing mudah membusuk.

Baca Juga: 7 Olahan Belimbing Wuluh Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler

4. Memilih belimbing yang matang alami, bukan karbitan

5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsinutrineat.com

Saat kamu ingin menikmati buah belimbing yang manis dan lezat, pastikan untuk memilih buah yang matang di pohonnya atau matang secara alami. Hindari buah belimbing yang matang karena dikarbit untuk mendapatkan cita rasa dan kematangan yang maksimal. Hal ini karena kemanisan yang terdapat dari buah yang matang alami dan yang dikarbit akan berbeda.

5. Hindari belimbing yang berlubang

5 Tips Memilih Buah Belimbing yang Tepat Agar Lezat Dikonsumsimy.carousell.com

Pastikan untuk tidak memilih belimbing yang memiliki lubang meski sekecil apapun. Hal ini karena belimbing yang berlubang menjadi tanda bahwa terdapat ulat di dalamnya yang dapat mempengaruhi kualitas dan kesegaran dari belimbing tersebut. Pastikan bahwa belimbing bebas dari lubang.

Nah, lima tips memilih belimbing di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli belimbing agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui 

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You