5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulut

Dijamin manisnya bikin ketagihan

Buah berbentuk lonjong dan berwarna oranye pada bagian dalamnya ini tentu saja sudah sangat terkenal dan familiar dikalangan masyarakat. Buah pepaya ini berasal dari daratan Meksiko bagian selatan dan juga bagian utara dari daratan Amerika Selatan. Namun, tumbuhan berbuah ini telah dibudidayakan secara aktif di daerah-daerah tropis layaknya Indonesia. Dibalik daging buahnya yang lembut dan lezat untuk dikonsumsi, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih yang benar?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih buah pepaya yang baik dan benar agar tetap terasa lezat dan manis saat dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Tampilan luar dari pepaya

5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulutspectrum.ieee.org

Mungkin pepaya seringkali mengecoh kita dengn tampilannya yang sudah matang dari luar, namun justru masih mentah saat dibelah. Pastikan untuk memilih pepaya dengan warna yang hijau kekuningan atau memilih daging buah pepaya yang telah oranye sempurna sehingga terasa bahwa kematangan dari pepaya tersebut dirasa baik dan aman dikonsumsi.

2. Bertekstur padat, namun lembut

5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulutthespruceeats.com

Tekstur pada buah tentu saja menjadi indikasi utama dalam pemilihan buah pepaya. Buah pepaya memiliki tekstur yang cenderung lebih lembut, namun tetap padat. Tentunya padat yang dirasakan berbeda apabila dibandingkan dengan pepaya yang masih mentah. Pastikan untuk memilih buah pepaya yang memiliki tekstur pas dan lembut agar rasanya pun tetap manis dan lezat untuk dikonsumsi.

3. Beraroma khas pepaya

5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulutvapeking.co.za

Pepaya yang telah matang akan memiliki aroma yang khas saat dicium layaknya buah yang telah matang sempurna. Jika kita tidak mencium aroma apapun pada pepaya, mungkin saja itu menjadi salah satu indikasi bahwa pepaya tersebut belum matang. Hindari pula pepaya yang memiliki aroma menyengat yang hampir seperti busuk karena bisa jadi pepaya tersebut sudah terlalu matang.

Baca Juga: 5 Kreasi Buah Pepaya Ini, Cocok untuk Buka Puasa!

4. Perhatikan kualitas dari kulit pepaya

5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulutmilkandeggs.com

Selain memperhatikan kematangan buah pepaya, kita juga patut memperhatikan kualitas dari buah pepaya yang akan kita beli. Jangan membeli buah pepaya yang sudah tidak halus, terdapat memar, ataupun sayatan pada bagian kulitnya karena ditakutkan sudah tidak segar lagi ataupun rentan terkontaminasi. Pilihlah buah pepaya yang memiliki kualitas kulit yang baik dan juga mulus agar kualitas dan rasanya tetap terjaga.

5. Perhatikan dasar pada buah pepaya

5 Tips Memilih Buah Pepaya yang Matang, Cocok untuk Pencuci Mulut5amtag.ch

Dasar buah pepaya sangat cocok menjadi acuan dalam menentukan kematangan dari buah pepaya. Umumnya apabila kita menemukan dasar buah pepaya berwarna kekuningan, maka dapat dipastikan kematangan dari buah tersebut matang cenderung lebih merata. Sementara apabila dasar buahnya masih hijau, maka bisa jadi buah tersebut masih mentah.

Nah, 5 tips di atas dapat menjadi informasi bagi kamu untuk memilih buah pepaya yang tepat dan sesuai agar cita rasa dan kualitas yang dihasilkan tetap lezat dan sesuai dengan selera. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Pepaya Supaya Si Kecil Tak Lagi Ogah Makan, Coba deh!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You