Comscore Tracker

5 Tips Memilih Buah Rambutan, Dijamin Manis dan Segar

Biar gak salah pilih

Buah unik berambut dan bercita rasa manis ini sudah sangat terkenal bagi masyarakat Asia Tenggara khususnya di Indonesia. Buah dengan karakteristik kulit yang berambut ini memang memiliki isian buah yang manis dan menggugah selera apabila telah matang. Di balik cita rasanya yang segar dan manis, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih rambutan yang benar dan sesuai?

1. Hindari rambutan berambut kering

5 Tips Memilih Buah Rambutan, Dijamin Manis dan Segarindigenousbartender.com

Rambut pada kulit rambutan dalam menjadi indikasi dalam pemilihan kematangan dan kesegarannya. Pastikan untuk memilih rambutan yang segar dan warna rambut yang cerah, hindari memilih rambutan dengan rambut yang kering maupun telah layu karena bisa jadi kualitasnya sudah tidak bagus lagi. Buah rambutan dengan tampilan yang layu juga dapat mengindikasikan bahwa rambutan telah lama dipanen.

2. Jangan menolak rambutan yang terdapat semut

5 Tips Memilih Buah Rambutan, Dijamin Manis dan Segarhonestdocs.id

Kita seringkali menemukan rambutan yang terdapat semut pada bagian permukaannya, jangan dulu menolak rambutan yang seperti itu. Rambutan yang terdapat semutnya justru dapat menjadi tanda bahwa cita rasanya manis dibandingkan dengan rambutan yang tidak terdapat semut di sekitar. Selama kualitasnya masih bagus, tidak ada salahnya dalam memilih rambutan tersebut.

3. Manis atau tidak tergantung jenis rambutan

5 Tips Memilih Buah Rambutan, Dijamin Manis dan Segargreenblender.com

Jika membicarakan perihal rasa manis, sulit untuk menebak secara spesifik. Namun, tingkat rasa manis yang terdapat pada rambutan juga tergantung kepada jenis dari rambutan tersebut. Umumnya rambutan jenis parakan akan memiliki cita rasa yang jauh lebih manis apabila dibandingkan dengan rambutan jenis rapiah yang beberapa di antaranya memiliki cita rasa asam.

Baca Juga: 10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

4. Daging buahnya terpisah mudah dari kulit biji rambutan

5 Tips Memilih Buah Rambutan, Dijamin Manis dan SegarYoutube/Robert von Rotz Roy,

Memilih rambutan dengan kualitas baik ternyata tidak hanya melalui fisik luar dari rambutan tersebut, melainkan juga pengecekan pada bagian dalam buah rambutan. Buah rambutan yang manis dan matang sempurna akan cenderung mudah dilepas dagingnya dari kulit biji rambutan. Sementara apabila daging rambutan masih sulit terpisah dari kulit bijinya, maka rambutan tersebut belum siap santap.

5. Hindari memar pada buah rambutan

5 Tips Memilih Buah Rambutan, Dijamin Manis dan Segarvietnong.vn

Jika kamu ingin membeli rambutan, coba perhatikan bagian kulit dari buah tersebut. Apakah terdapat memar maupun sayatan pada bagian kulit hingga kedalam buahnya? Jika iya, maka hindari membeli buah dengan tampilan seperti itu. Buah rambutan yang terdapat memar atau sayatan cenderung akan mudah membusuk karena sudah terlalu matang sehingga tidak lezat apabila dikonsumsi.

Nah, lima tips memilih buah rambutan di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli buah rambutan agar tidak salah dalam memilihnya. Sekarang gak perlu takut salah pilih saat beli rambutan.

Baca Juga: 5 Khasiat Rambutan untuk Kecantikan, Kulit Cerah Rambut Berkilau 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You