Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Tabung Gas yang Berdesis atau Bocor, Harus Tanggap!

#IDNTimesFood Memasak jadi lebih aman dan tenang

Kebanyakan masyarakat memang sudah mulai beralih pada penggunaan kompor gas. Tentunya kompor gas juga menggunakan tabung gas sebagai bahan bakar utamanya. Namun, tak selalu proses pemasangannya berjalan mudah.

Kadang kala justru permasalahan yang sering ditemukan adalah tabung gas yang berdesis atau bocor. Lalu, bagaimana cara tanggap dalam menghadapinya? Simak, yuk.

1. Cabut regulator pada tabung gas yang mendesis

5 Tips Menghadapi Tabung Gas yang Berdesis atau Bocor, Harus Tanggap!ilustrasi melepas regulator (Youtube/Calor Ireland)

Pada saat proses pemasangan biasanya terdapat suara mendesis yang disebabkan dari tabung gasnya. Jika kamu mendengarkan suara mendesis, segera cabut regulator yang ada. Lepaskan secara hati-hati agar tidak goyah dalam mencabutnya.

2. Bawa tabung gas ke luar ruangan

5 Tips Menghadapi Tabung Gas yang Berdesis atau Bocor, Harus Tanggap!ilustrasi membawa lpg (indiatvnews.com)

Tabung gas yang berdesis biasanya akan diikuti oleh bau yang tak sedap. Daripada mengganggu proses pernapasan atau menyebabkan ledakan, maka cepat-cepatlah membawanya ke luar ruangan terbuka. Kamu harus melakukannya secara cepat dan tanggap agar gas tidak bocor di dalam rumah.

3. Melakukan pengecekan pada seal tabung gas

5 Tips Menghadapi Tabung Gas yang Berdesis atau Bocor, Harus Tanggap!ilustrasi seal tabung gas (igaz.com.au)

Ada beberapa kemungkinan mengapa tabung gas bisa berdesis dan kebanyakan diakibatkan dari seal yang digunakan. Biasanya seal kurang tebal sehingga kamu perlu menambahnya kembali dengan karet.

Jika seal terlalu kering, maka kamu dapat sedikit membasahinya. Tentunya ada beberapa kemungkinan yang perlu kamu cari tahu terlebih dahulu sebagai penyebabnya dan coba kendalikan solusinya.

Baca Juga: Bahaya Banget! 9 Kesalahan Memasak Bisa Bikin Makanan Beracun

4. Lap basah untuk tabung gas pada situasi tertentu

5 Tips Menghadapi Tabung Gas yang Berdesis atau Bocor, Harus Tanggap!ilustrasi kain (thefabricsnob.com)

Aroma gas tak sedap yang menyengat perlu kamu atasi dengan kain di atasnya. Hal ini dilakukan agar aroma gas tidak menyebar begitu saja. Namun, bila pada tabung gas mulai timbul percikan api, maka segera balut bagian atas tabung gas dengan lap basah.

5. Merendam tabung gas di dalam air

5 Tips Menghadapi Tabung Gas yang Berdesis atau Bocor, Harus Tanggap!ilustrasi air untuk merendam gas (Youtube/HandCraft)

Pada beberapa kondisi jika tabung gas terus menerus terdapat kebocoran, biasanya akan diatasi dengan merendamnya di dalam air. Proses perendaman akan membuat air menyerap aroma-aroma gas yang dikeluarkan. Namun, cara ini sebetulnya tidak terlalu direkomendasikan khususnya untuk kamu yang tidak begitu memahami tentang gas karena dikhawatirkan akan menyebabkan bahaya.

Tentunya untuk menghindari tabung gas yang berdesis atau bocor, kamu harus sering membersihkan regulator dan memasangnya dengan baik. Semoga tidak terulang kembali, ya!

Baca Juga: 5 Tips Keamanan dari Tabung Gas yang Harus Diketahui, Catat Ya!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya