5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Total

Gampang-gampang susah soalnya

Jeroan merupakan salah satu bagian dari tubuh hewan yang sudah cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Jeroan berasal dari tubuh hewan yang telah disembelih dan semua organ dari tubuh hewan tersebut dapat disebut jeroan kecuali otot dan tulang. Banyak orang yang menyukai jeroan, namun beberapa di antaranya juga menolak jeroan karena alasan aroma dan cita rasa. Padahal apabila jeroan diolah dengan proses yang benar maka cita rasa yang dihasilkan juga akan lezat dan tidak berbau.

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memasak jeroan agar empuk, tidak berbau, dan tetap lezat. Simak yuk apa aja!

1. Bersihkan kotoran pada jeroan

5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Totalhellosehat.com

Proses pertama yang paling penting dalam memasak jeroan adalah dengan cara membersihkan jeroan dari berbagai kotoran di dalamnya. Kotoran ini dapat menimbulkan bau menyengat yang tidak sedap. Cara yang dapat dilakukan sebenarnya mudah karena hanya dengan mencucinya menggunakan air panas yang telah mendidih sedikit demi sedikit. Selama proses tersebut, kita dapat menarik kotoran dalam jeroan menggunakan pisau. Ini cukup efektif dalam menghilangkan kotoran dalam jeroan.

2. Menggunakan daun sirih

5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Totallist.co.id

Untuk menghilangkan bau menyengat dari jeroan yang akan dimasak maka kita dapat memanfaatkan daun sirih sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya adalah dengan cara merendam jeroan di dalam air kapur sirih selama 30 menit dan selanjutnya kita juga dapat menambahkan asam ataupun cuka untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap.

3. Hindari memasukan jeroan langsung kedalam air mendidih

5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Totalwomenshealthmag.com

Saat mengolah jeroan, hindari untuk memasukkan jeroan langsung ke dalam air mendidih karena hal tersebut akan mengurangi kualitas rasa yang dihasilkan dari jeroan sekaligus akan memberikan konsistensi tekstur yang alot dan sulit dikunyah. Untuk menghindari hal tersebut, maka kita dapat memasukkan jeroan ke dalam air biasa lalu didiamkan selama 10 menit dalam api besar. Setelah mendidih barulah kita dapat mengangkatnya.

Baca Juga: 7 Ide Kuliner Jeroan Saat Hari Raya Kurban, Menggoyang Lidah!

4. Merebus jeroan

5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Totalkyspeaks.com

Seperti halnya pada poin sebelumnya, merebus jeroan memang ampuh untuk membantu menghilangkan bau menyengat pada jeroan sehingga lebih lezat untuk dikonsumsi. Hal ini karena biasanya membersihkan jeroan saja tidak cukup untuk menghilangkan seluruh bau dari jeroan. Pastikan untuk mengganti 2 hingga 3 kali air rebusan hingga muncul buih-buih kotorannya yang telah bersih.

5. Gunakan berbagai jenis bumbu

5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Totalblog.tefal.co.uk

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau menyengat dari jeroan adalah dengan cara memasaknya dengan berbagai macam bumbu dan rempah. Hal ini karena bumbu dan rempah tersebut mampu memberikan aroma dan rasa yang khas, jadi bau dari jeroan pun tidak akan tercium lagi

Nah, 5 tips memasak jeroan di atas dapat menjadi rekomendasi bagi kamu agar hasil yang didapat tidak alot dan berbau menyengat, tentunya akan lebih lezat dihidangkan. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Bikin Nagih! 7 Makanan Berbahan Jeroan yang Nikmatnya Gak Ada Duanya

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You