Comscore Tracker

5 Tips Penting Memilih & Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Segar

Ada yang suka buah unik ini?

Buah dengan daging berwarna hijau dan kuning ini mungkin sudah cukup dikenal oleh masyarakat, meski eksistensinya seringkali jarang terlihat di pasar tradisional dan lebih mudah ditemukan di pasar swalayan. Buah yang biasa digunakan sebagai jus atau topping pada hidangan penutup ini memang memiliki eksistensi yang baik sebagai buah dengan citra luxury dibandingkan dengan buah jenis lainnya. Di balik kelezatan cita rasanya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih buah kiwi yang baik dan benar?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih buah kiwi yang baik dan manis untuk dikonsumsi, simak yuk apa saja!

1. Pastikan teksturnya masih terasa lunak di bagian atas

5 Tips Penting Memilih & Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Segarwoolworths.com.au

Sebelum kita membeli buah kiwi, ada baiknya untuk mengecek kualitas tekstur dengan cara menekan pada genggaman. Buah kiwi yang baik dan dengan kualitas bagus memiliki tekstur yang cenderung lebih lunak dibagian atas jika dibandingkan dengan buah kiwi yang kurang bagus. Hindari buah kiwi dengan tekstur yang terlalu lembek karena ditakutkan telah busuk dan tidak lezat dikonsumsi.

2. Aromanya harus tercium

5 Tips Penting Memilih & Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Segarmedicaldaily.com

Kesegaran dari buah kiwi juga dapat dibuktikan melalui aroma yang tercium. Aroma ini menjadi indikasi kesegaran dari buah kiwi sehingga lezat dan manis untuk dikonsumsi. Jangan memilih buah kiwi yang belum tercium baunya, apalagi memilih buah kiwi yang sudah tercium bau asam atau bau busuk karena sudah tentu kualitasnya tidak baik.

3. Warnanya merata

5 Tips Penting Memilih & Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Segarhealthjade.com

Warna pada buah kiwi juga haruslah merata, warnanya yang cokelat khas tentu tidak boleh berwarna belang karena ditakutkan memiliki kualitas yang kurang baik. Pastikan warna cokelatnya cukup merata ke segala sisi dari buah kiwi sehingga kita dapat memilihnya dan mengonsumsinya dengan lezat dan aman.

Baca Juga: 5 Buah Anti Dehidrasi yang Wajib Kamu Konsumsi Saat Puasa

4. Hindari buah kiwi yang layu

5 Tips Penting Memilih & Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Segarhealthline.com

Pilihlah buah kiwi dengan tampilan yang masih segar dan enak untuk dipandang, hindari membeli buah kiwi dengan tampilan yang layu atau dengan warna yang kurang baik. Buah kiwi dengan warna yang layu dapat menjadi indikasi bahwa buah kiwi tersebut sudah tidak segar lagi untuk dikonsumsi sehingga kurang baik apabila kita mengolahnya menjadi minuman atau mengonsumsi langsung.

5. Pilihlah buah kiwi yang berisi saat digengam

5 Tips Penting Memilih & Menyimpan Buah Kiwi Agar Tetap Segarverywellfit.com

Untuk menentukan kualitas yang baik dari buah kiwi, cobalah untuk menggenggamnya dan pilihlah buah kiwi yang terasa berisi saat digengam. Jangan memilih buah kiwi yang terasa kecil ataupun terasa tidak enak saat digengam karena akan mempengaruhi kualitas dari buah kiwi itu sendiri sehingga kurang baik dan tidah lezat untuk dikonsumsi.

Nah, 5 tips memilih buah kiwi diatas dapat menjadi informasi bagi kamu agar tidak salah dalam memilih buah kiwi yang baik dan benar. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Kandungan Unik yang Bisa Ditemui di Buah Kesemek, Pernah Makan?

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You