Comscore Tracker

5 Tips Pilih Melon Agar Bisa Dapat yang Masih Segar

Paling segar dengan es buah ya

Kita mungkin sering mendengar atau bahkan sering mencoba buah berbentuk bundar hijau yang satu ini. Buah manis ini memang sering dimanfaatkan sebagai komposisi dalam pembuatan es maupun hidangan penutup lain karena cita rasanya yang manis dan segar untuk dikonsumsi apalagi setelah dibiarkan dingin. Bentuknya yang bundar dan warna yang hijau segar, siapapun tentu tidak akan mampu menolak pesona dari buah manis yang satu ini. Namun, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih buah melon yang tepat dan pas untuk dikonsumsi khususnya sebagai menu minuman untuk berbuka?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih buah melon yang segar dan manis, simak yuk apa saja!

1. Tampilan luar melon menentukan kualitasnya

5 Tips Pilih Melon Agar Bisa Dapat yang Masih Segarseedsforafrica.co.za

Sebelum memilih melon sudah tentu kita menginginkan melon dengan kualitas yang baik dan segar. Melon tersebut dapat kita temukan dengan cara memperhatikan bagaimana tampilannya dari luar. Tampilan melon yang segar dengan warna kekuningan, serta jaringan kulit yang tebal dapat menjadi indikasi kesegaran. Pastikan tidak ada memar, sayatan, ataupun guratan saat membeli melon karena ditakutkan akan menurunkan kualitas didalamnya.

2. Perhatikan massa atau berat dari melon

5 Tips Pilih Melon Agar Bisa Dapat yang Masih Segardemocratandchronicle.com

Kita dapat mengenali melon yang sudah matang secara mudah dan sederhana. Cara yang paling efektif adalah dengan membandingkan berat atau massa bebannya. Umumnya melon yang matang dan memiliki kandungan air yang tinggi cenderung menjadi lebih berat dari pada melon biasa. Bentuknya pun tidak bulat sempurna, melainkan oval atau sedikit lonjong. Ini lah yang dapat membedakan melon matang dengan yang masih mentah.

3. Dengarkan gema pada melon

5 Tips Pilih Melon Agar Bisa Dapat yang Masih Segarverywellfit.com

Melon ternyata dapat menghasilkan suara yang bergema untuk menandakan tingkat kematangannya. Caranya sangat mudah, yaitu dengan hanya mengetuk pada bagian luar melon dan mendengarkan apakah ada suara gema saat diketuk? Apabila kita mendengar suara gema tersebut semakin berat dan terdengar, maka tingkat kematangan dari melon pun semakin tinggi.

Baca Juga: 6 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Sahur, Biar Makin Sehat

4. Beraroma ranum yang khas

5 Tips Pilih Melon Agar Bisa Dapat yang Masih Segarpxhere.com

Melon juga dapat kita cari indikasi kematangannya melalui aroma yang dihasilkan. Aroma khas dari melon akan cenderung lebih ranum, wangi, dan khas. Apabila kita menemukan buah melon dengan ciri aroma yang seperti itu, maka dapat dikatakan bahwa melon tersebut sudah matang dan lezat serta manis untuk dikonsumsi.

5. Bijinya mudah terlepas

5 Tips Pilih Melon Agar Bisa Dapat yang Masih Segarepicurious.com

Ciri lainnya yang dapat kamu perhatikan adalah setelah membeli melon dan mulai membelahnya. Kamu dapat mencoba untuk menggoyangkan atau mengguncangkan melon di udara, apabila bijinya seketika terjatuh atau terguncang dengan mudah maka dapat dipastikan bahwa melon tersebut matang, begitupun sebaliknya apabila kita memilih melon mentah.

Nah, 5 tips memilih melon di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli melon yang baik dan manis untuk dikonsumsi khususnya di bulan ramadan sebagai minuman segar. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You