Comscore Tracker

5 Tips Pintar Pilih Pisang yang Baik, Dijamin Dapat yang Manis

Pisang memiliki berbagai jenis

Pisang merupakan buah yang telah dikenal oleh semua orang di berbagai penjuru dunia. Buah berbentuk panjang berwarna kuning ini memang memiliki jenis yang sangat banyak.

Seringkali orang mengonsumsi buah ini sebagai menu pencuci mulut, komposisi di hidangan penutup, atau bahkan untuk beberapa hidangan lainnya.

Meski buah ini nemiliki berbagai macam jenis, namun sudahkah kamu mengetahui tips memilih pisang yang baik dan benar? Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih pisang yang benar, simak ulasan berikut ini.

1. Perhatikan tandan pisangnya

5 Tips Pintar Pilih Pisang yang Baik, Dijamin Dapat yang Manismygreenmart.in

Tips pertama saat memilih pisang adalah dengan melihat kesegaran dari tandan pisang yang akan kamu beli. Tandan tersebut dapat menjadi indikasi dari kesegarannya. Tandan pisang yang masih segar memiliki warna hijau, sementara tandan pisang berwarna kuning atau bahkan kecokelatan memiliki indikasi bahwa pisang telah lama dipanen.

Baca Juga: 5 Olahan Pisang Ini Cocok Buat Takjil, Lezat Banget

2. Jangan dulu menolak pisang berbintik cokelat

5 Tips Pintar Pilih Pisang yang Baik, Dijamin Dapat yang Manishsph.harvard.edu

Orang seringkali memilih pisang dengan warna yang kuning, sementara menolak mengonsumsi pisang yang telah memiliki bintik cokelat. Bintik cokelat pada pisang menandakan kematangan dan rasa manis dari pisang. Bintik cokelat ini disebut sebagai sugar spot yang dapat menjadi tanda kematangan dari pisang dan dapat kemudian diolah menjadi kue atau hidangan lezat lainnya.

3. Tekstur pisang yang lembut

5 Tips Pintar Pilih Pisang yang Baik, Dijamin Dapat yang Manismedicalnewstoday.com

Pisang dengan kualitas bagus memiliki tekstur atau konsistensi yang lembut saat dikonsumsi, ini menjadi salah satu indikasi bahwa pisang tersebut dalam kondisi yang segar. Sementara apabila kamu menemukan pisang berwarna kuning cerah layaknya pisang matang, namun justru keras saat dikonsumsi maka bisa jadi pisang tersebut dimatangkan secara kimia dan bukan melalui proses alami.

4. Pilihlah pisang dengan warna yang merata

5 Tips Pintar Pilih Pisang yang Baik, Dijamin Dapat yang Manisonegreenplanet.org

Saat memilih pisang kita juga dapat memperhatikan warna dari pisang tersebut. Pisang dengan kualitas dan rasa yang manis memiliki karakteristik yaitu warnanya yang merata. Pisang dengan kualitas bagus tentu memiliki warna kuning merata pada setiap sisinya. Apabila kamu menemukan pisang dengan warna hijau pada sisi-sisinya, maka dapat menjadi indikasi bahwa pisang tersebut belum matang.

5. Pastikan permukaan pisang masih halus dan lembut saat disentuh

5 Tips Pintar Pilih Pisang yang Baik, Dijamin Dapat yang Manisaustralianbananas.com.au

Sebelum mengonsumsi pisang, cobalah untuk menyentuh bagian permukaan dari pisang tersebut. Pisang dengan kualitas yang bagus tentu akan halus dan lembut saat dipegang, berbeda dengan pisang yang memiliki permukaan kasar dan justru bergetah. Tentunya karakteristik dari pisang tersebut menandakan bahwa pisang itu masih mentah.

Nah, 5 ciri pisang di atas dapat menjadi informasi bagi kamu untuk memilih pisang yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You