Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesia

Katanya sih makanan wajib untuk calon mertua, nih!

Bagi orang Indonesia tentu saja martabak merupakan salah satu jenis olahan yang paling familiar sekaligus digemari. Martabak memiliki dua varian secara umum, yaitu martabak asin dan martabak manis. Kedua jenis martabak ini sama-sama tak pernah hilang dalam daftar olahan kegemaran semua orang. Hal ini tentunya seakan terus turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya.

Untuk kamu yang penasaran mengapa martabak seakan begitu melegenda, berikut lima daftarnya! 

1. Ramah di kantong 

5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesiaid.m.wikipedia.org

Alasan pertama yang membuat martabak begitu erat di hati masyarakat adalah karena harganya yang ramah di kantong, namun porsi yang disajikan cenderung banyak. Meskipun saat ini sudah banyak varian martabak lain yang mengusung harga lebih mahal. Namun, untuk varian originalnya, tetap saja lebih relatif murah dan tentunya otentik. 

2. Mudah ditemukan

5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesiabisnis-apaya.com

Hampir di berbagai tempat selalu ada saja penjual yang menjajakan martabak. Sebut saja dari mulai pinggir jalan dengan menggunakan gerobak, bahkan hingga yang berjualan di toko-toko. Tentunya semua itu dapat kamu sesuaikan dengan selera dan cita rasa. Tak heran bila kemudian banyak orang tak dapat memungkiri eksistensi dari kepopuleran martabak yang melegenda. 

Baca Juga: 5 Martabak Paling Enak dan Favorit di Malang Raya, Yuk Coba!

3. Dibuat dadakan dan masih hangat

5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesiapergikuliner.com

Salah satu ciri khas yang membedakan martabak dan jenis jajanan lainnya adalah penyajian. Martabak cenderung lebih umum disajikan dadakan sehingga pembeli mendapat makanan tersebut masih dalam kondisi hangat. Tentunya dengan begitu, cita rasa dari martabak tetap dapat terjaga penuh. 

4. Banyak variasi rasa

5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesiaksmtour.com

Zaman sekarang memang sudah banyak inovasi yang berkembang di masyarakat mengenai martabak. Tak hanya sebatas pada martabak manis yang sekarang banyak menggunakan berbagai aneka topping atau justru penyajiannya tak lagi berbentuk bulan sabit. Senada dengan hal tersebut, martabak asin pun turut mengikuti perkembangan zaman dengan inovasi-inovasi populer, dari mulai mencampurkan banyak cabai pada isian bahkan hingga penambahan keju leleh di atasnya. 

5. Cocok disantap dengan keluarga

5 Alasan Kenapa Martabak adalah Makanan Legenda di Indonesiamartabakorins.com

Martabak memang erat kaitannya sebagai makanan khas keluarga. Porsinya yang besar memang sangat cocok untuk dinikmati bersama-sama. Tak heran bila banyak yang mengatakan untuk membawa martabak saat mengujungi calon mertua. Meski hanya guyonan semata, namun hal tersebut masih terus berlangsung dari generasi ke generasi.

Nah, beberapa alasan di atas dapat melatarbelakangi mengapa martabak seakan menjadi legenda bagi kuliner Indonesia. Kamu setuju? 

Baca Juga: Digemari di Indonesia, 8 Jenis Martabak dari Berbagai Negara 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya