Comscore Tracker

5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!

Jangan ragu lagi dalam menyimpannya, ya

Kulkas merupakan alat elektronik yang hampir dimiliki oleh semua orang. Sesuai fungsinya, kulkas memiliki temperatur yang dingin dan dimaksudkan untuk dapat menyimpan makanan agar tetap awet. Salah satu bagian dari kulkas adalah freezer. Bagian ini merupakan yang paling dingin di antara semua bagian kulkas dan biasanya hanya beberapa bahan lah yang dapat disimpan pada bagian ini. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja bahan makanan yang dapat disimpan di dalam freezer, berikut lima daftarnya! 

1. Roti

5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!Unsplash/Jude Infantini

Menyimpan roti pada freezer memang sesekali menimbulkan perdebatan. Namun, roti dipercaya mampu bertahan lebih awet jika diletakan pada bagian kulkas yang paling dingin ini. Cara menyimpannya adalah dengan menempatkan roti pada plastik kedap udara atau pun wadah yang tertutup rapat. Apabila sewaktu-waktu roti akan dikonsumsi, kamu hanya perlu tinggal meletakannya pada bagian bawah kulkas dan memanaskannya dengan menggunakan microwave. 

2. Telur 

5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!Unsplash/Erol Ahmed

Sama halnya dengan roti, ada perdebatan juga mengenai meletakan telur di freezer. Namun, ternyata bagian putih telur tak masalah apabila diletakan pada bagian terdingin di kulkas ini. Untuk kuning telurnya, dapat kamu olah terlebih dahulu, sebelum kemudian dapat disimpan di dalamnya. 

3. Alpukat 

5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!Unsplash/Thought Catalog

Buah alpukat pun tak perlu ragu lagi bila kamu ingin meletakannya di freezer. Alasannya adalah karena buah berwarna hijau ini dapat jauh lebih awet meski sudah matang. Kamu dapat mengupas alpukat dan meletakannya pada wadah tertutup. Setelah itu, alpukat pun siap diolah kapan saja. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Disimpan di Dalam Freezer, Jadi Makin Awet

4. Dedaunan rempah kering

5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!Unsplash/Manuela Böhm

Dedaunan kering merupakan salah satu bahan yang cukup sering digunakan selama proses memasak. Contoh dedaunan kering adalah rosemary, basil, thyme, atau oregano. Cara untuk membuatnya tetap awet dan segar adalah dengan memotong halus dedaunan kering tersebut dan meletakannya pada wadah cetakan es. Setelah itu, kamu dapat menambahkan air biasa atau minyak. Jika kamu membutuhkannya sewaktu-waktu, maka kamu hanya perlu mengambil tiap buahnya saja.

5. Bawang putih

5 Bahan Makanan yang Boleh Disimpan dalam Freezer, Biar Awet!Unsplash/team voyas

Sama halnya dengan dedaunan rempah kering sebelumnya. Bawang putih pun dapat disimpan dengan cara dicincang dan diletakan pada wadah cetakan es dan diberi minyak zaitun. Namun, bila kamu memiliki cetakan es yang terbatas, maka kamu dapat menyimpan cincangan bawang putih dan minyak zaitun di dalam wadah tertutup.

Nah, beberapa bahan makanan di atas dapat membantumu dalam menyimpan persediaan olahan agar tetap awet. Mana yang biasa sering kamu simpan?

Download aplikasi makanan dan minuman Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Ini Bisa Rusak Disimpan di Freezer

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya