Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatan

Termasuk makanan terenak di dunia, lho

Jika berbicara mengenai olahan terlezat di dunia, belum lengkap bila tidak membahas mengenai bulgogi. Olahan daging khas Korea Selatan ini memang sudah cukup mendunia, tak heran bila makanan ini mampu menduduki salah satu peringkat hidangan terlezat di dunia. Cita rasanya yang gurih dan manis berpadu menjadi satu olahan yang menggugah selera makan. 

Untuk kamu yang sebelumnya hanya pernah mencicipi bulgogi saja, berikut lima fakta menarik seputar olahan daging menggoda ini. 

1. Sejarah bulgogi

5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatanseonkyounglongest.com

Konon bulgogi telah ada sejak Dinasti Goguryeo, sekitar tahun 37 SM-668 M. Olahan daging ini dapat disebut sebagai masakan klasik khas Korea Selatan. Secara singkatnya, bulgogi merupakan evolusi makanan dari sate yang disebut sebagai maekjeok, biasanya menggunakan daging babi.

Kemudian berevolusi kembali menjadi seoryamyeok yang merupakan olahan daging dengan rendaman kaldu dingin yang khas. Barulah menjadi neobiani yang mirip seperti tampilan bulgogi saat ini. Meski semua orang dapat mencicipi bulgogi, namun pada masa dahulu hanya kalangan ningrat saja lho yang dapat menikmatinya. 

2. Pemilihan daging

5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatanmaangchi.com

Jika berbicara mengenai bulgogi, tentu saja pemilihan daging sapi menjadi yang paling terpenting. Pada umumnya, bagian yang digunakan untuk membuat bulgogi adalah sirloin, tenderloin, atau bagian daging sapi pilihan lainnya. Tak heran bila kualitas cita rasa yang dihidangkan juga luar biasa sebab pemilihan dagingnya yang tak sembarangan. 

3. Bulgogi dan yakiniku

5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatanbulgogi-grill.co.uk

Mungkin ada yang beranggapan bahwa bulgogi mirip seperti yakiniku khas Jepang, namun umumnya mereka adalah dua hidangan yang berbeda. Bulgogi lebih umum menggunakan daging sapi, sementara yakiniku memiliki varian daging yang beragam seperti sapi, babi, maupun jeroan. Selain itu, cita rasa yang tersuguh dari bulgogi cenderung lebih manis dibandingkan yakiniku. 

Baca Juga: Resep Dak Bulgogi, Masakan Lezat dan Halal Asal Negeri Korea!

4. Olahan khas Korea yang cocok untuk semua orang

5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatanmaangchi.com

Bila tak semua orang cocok saat mencicipi kimchi, berbeda halnya dengan bulgogi. Olahan daging manis ini memang sangat cocok di lidah semua orang, tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Hal ini mungkin karena pada dasarnya bulgogi adalah olahan BBQ yang sangat familear untuk dicicipi, berbeda halnya dengan yakiniku yang umumnya lebih memiliki cita rasa khas Jepang. 

5. Modifikasi bulgogi di bidang kuliner

5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatanseriouseats.com

Pada bidang kuliner pun ternyata bulgogi mengalami modifikasi, lho. Hal ini dapat dilihat dari eksistensi bulgogi yang tidak hanya dinikmati sebagai daging panggang dan BBQ, namun juga sebagai olahan lain seperti hamburger. Tentu saja kombinasi antara bulgogi dan kimchi yang berpadu dengan hamburger dapat menghasilkan cita rasa yang maksimal. 

Nah, 5 fakta menarik seputar bulgogi di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal hidangan lezat yang satu ini. Tertarik mencobanya lagi? 

Baca Juga: Memanjakan Lidah, Resep Bulgogi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Berbuka!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya