Comscore Tracker

Dos and Don'ts Saat Memasak Steak di Rumah, Hasilnya Matang Merata!

#IDNTimesFood Tak kalah dengan olahan steak di restoran

Steak merupakan olahan daging yang dimasak dengan cara dipanggang. Biasanya ada beberapa bagian dari daging sapi yang dijadikan menu steak. Tentu saja kematangan dari setiap steak dapat kamu sesuaikan dengan selera sehingga memiliki kelezatan yang tepat.

Namun, dalam proses pengolahannya kamu perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu dos dan don'ts dalam memasak steak. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memasak steak.

1. Memarinasi minimal 30 menit hingga 1 jam

Dos and Don'ts Saat Memasak Steak di Rumah, Hasilnya Matang Merata!ilustrasi daging marinasi (ottogrills.com)

Sebagai langkah awal untuk memulai proses pengolahan steak, kamu dapat memulainya dengan cara marinasi terlebih dahulu. Proses marinasi biasanya dimulai selama 30 menit hingga 1 jam proses perendaman. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan khusus untuk marinasi daging agar lebih meresap dan dapat menghilangkan aroma amis dari daging.

2. Jangan memanggang daging yang masih beku

Dos and Don'ts Saat Memasak Steak di Rumah, Hasilnya Matang Merata!ilustrasi daging steak beku (tasteofhome.com)

Untuk membuat olahan steak tentu saja memerlukan jenis daging segar yang dapat kamu sesuaikan jenis dan bagiannya. Kadang kala, banyak yang menjual daging dengan keadaan beku agar tetap segar.

Jika kamu menggunakan jenis daging beku, maka biarkan sejenak selama minimal 30 menit agar sedikit lebih lunak. Alasannya adalah daging beku dapat menyulitkan proses marinasi dan membuat cita rasanya jadi kurang sedap.

3. Diamkan sejenak daging setelah dipanggang

Dos and Don'ts Saat Memasak Steak di Rumah, Hasilnya Matang Merata!ilustrasi steak sapi (cookmellow.com)

Pada proses pemanggangan daging sapi, kamu harus memastikan bahwa kematangannya tepat. Jika sudah, maka jangan buru-buru menyisihkannya pada piring. Kamu dapat mendiamkannya sejenak agar bumbu dan cita rasa juicy yang sangat khas dapat terasa pada olahan ini. Tentunya ini akan membuat menu steak menjadi lebih lezat.

Baca Juga: Resep Steak Enak Bikin Sendiri di Rumah, Rasanya Selezat Restoran

4. Jangan menusuk daging dengan garpu saat dipanggang

Dos and Don'ts Saat Memasak Steak di Rumah, Hasilnya Matang Merata!ilustrasi memanggang steak (epicurious.com)

Memang sedikit sulit untuk menentukan kematangan daging saat dipanggang. Kamu dapat menggunakan tusuk gigi saja untuk memastikan kematangannya. Jangan menusuknya dengan garpu karena justru akan membuat kematangannya menjadi tidak merata. 

5. Jangan terlalu menekan daging saat dipanggang

Dos and Don'ts Saat Memasak Steak di Rumah, Hasilnya Matang Merata!ilustrasi memanggang steak (robbreport.com)

Pada proses pemanggangan seringkali banyak yang menekan potongan daging dengan maksud agar kematangannya menjadi lebih cepat. Padahal, cara ini sama sekali tidak direkomendasikan. Alasannya adalah karena menekan daging hanya akan membuang juicy dan lemak pada potongan daging sehingga akan membuat kelezatannya berkurang.

 

Tentu saja dengan menerapkan beberapa dos dan don'ts di atas, proses pemasakan daging steak pun jadi bisa lebih maksimal dengan cita rasa yang tak kalah spesial. Gak ragu bikin steak sendiri di rumah, deh!

Baca Juga: 5 Ragam Sajian Cheese Steak yang Bisa Jadi Rekomendasi, Lezat Semua!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya