Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Bibimbap Khas Korea Selatan, Cocok untuk Bekal

Sudah pernah coba makanan ini sebelumnya? 

Bagi para pencinta serial drama Korea sudah tentu tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini. Bibimbap memang sudah cukup populer dan eksistensinya sering menjadi idaman para turis saat berkunjung ke negeri ginseng ini.

Pada umumnya, bibimbap ini adalah makanan sederhana yang berisi nasi putih, sayuran, daging, telur, dan tambahan saus gochujang. Di beberapa restoran pun, bibimbap sengaja dikreasikan dengan tampilan yang menarik. 

Untuk kamu yang penasaran, berikut 5 fakta menarik seputar bibimbap yang jarang orang ketahui. 

1. Asal muasal nama bibimbap

5 Fakta Menarik Seputar Bibimbap Khas Korea Selatan, Cocok untuk Bekalsimplycook.com

Seperti hidangan pada umumnya, bibimbap juga memiliki sejarah namanya masing-masing. Secara harfiah makanan ini memiliki makna nasi campur dan tentu saja hal ini didasari karena cara menikmati bibimbap dengan mencampuri berbagai komponen bersama dengan nasi putih. Tentu saja hal ini akan membuat cita rasa yang dihasilkan semakin lezat maksimal. 

2. Sejarah bibimbap

5 Fakta Menarik Seputar Bibimbap Khas Korea Selatan, Cocok untuk Bekalsimplycook.com

Konon sejarah bibimbap dimulai dari kebiasaan para petani lokal di Korea yang terlalu giat bekerja hingga melewatkan makan siang dan makan malam. Meski begitu, saat para petani makan bersama, mereka memutuskan untuk mencampur berbagai macam bekal yang dibawa dan kemudian disantap bersama-sama. Hal inilah yang mungkin menjadi cikal bakal hadirnya olahan bibimbap sebagai nasi campur khas Korea. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea Selatan

3. Topping pada bibimbap

5 Fakta Menarik Seputar Bibimbap Khas Korea Selatan, Cocok untuk Bekalleitesculinaria.com

Kita mungkin sering melihat betapa cantiknya tampilan bibimbap masa kini dengan bahan-bahan yang berwarna-warni, tentu hal ini semakin menggugah selera makan. Namun, tahukah kamu bila konon bibimbap harus terdiri dari lima warna dasar, lho.

Paling pertama adalah warna gelap yang didapatkan dari jamur, kemudian merah oranye dari cabai dan wortel, lalu hijau dari sayuran segar, selanjutnya putih dari nasi dan lobak, dan terakhir kuning dari telur pada yang diletakkan pada bagian tengah bibimbap. Bahan-bahan d iatas masih dapat diganti dengan bahan lainnya. 

4. Penyajian bibimbap

5 Fakta Menarik Seputar Bibimbap Khas Korea Selatan, Cocok untuk Bekalwikipedia.org

Pada penyajian asli di Korea, biasanya bibimbap akan dihidangkan dalam kondisi masih panas karena cita rasa yang dihasilkan akan jauh lebih lezat. Tak heran bila setelah dikeluarkan dari microwave, bibimbap akan segera disajikan. Namun, beberapa juga menggunakan alas makan yang terbuat dari batu panas untuk menjaga suhu bibimbap agar tetap lezat saat dinikmati.

5. Makanan yang sederhana

5 Fakta Menarik Seputar Bibimbap Khas Korea Selatan, Cocok untuk Bekalfuturedish.com

Bila kamu berpikir bahwa bibimbap adalah makanan ekslusif ala bintang lima, maka hal itu tidaklah benar adanya. Pada dasarnya bibimbap adalah makanan sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan sekaligus diolah. Tak heran bila kamu akan menemui banyak pedagang bibimbap yang menjajakan hidangan ini di pinggir-pinggir jalan.

Nah, 5 fakta seputar bibimbap diatas dapat menjadi informasi menarik untukmu agar semakin mengenal olahan lezat yang satu ini. Tertarik mencobanya? 

Baca Juga: Resep Bibimbap yang Sering Muncul di Drama Korea, Bikin Yuk!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya