Comscore Tracker

5 Fakta Seputar Macaron, Kue Cantik dengan Warna Menarik

Tersedia berbagai rasa juga lho!

Macaron merupakan sejenis makanan ringan atau kudapan khas Prancis yang pada dasarnya memiliki keterkaitan dengan kue meringue. Umumnya macaron memiliki bahan-bahan yang terbilang mudah ditemukan, namun cukup rumit pengolahannya. Bahan-bahan tersebut antara lain gula, putih telur, tepung almond, dan pewarna makanan.

Proses pengolahannya juga harus dilakukan sehati-hati mungkin agar hasilnya tidak gagal. Di balik kelezatannya, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar macaron? 

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar macaron yang dapat diulas, simak, yuk apa saja!

1. Asal nama macaron

5 Fakta Seputar Macaron, Kue Cantik dengan Warna MenarikPexels/Brigitte Tohm

Tahukah kamu bahwa ternyata nama macaron berasal dari bahasa Italia yaitu maccarone yang bermakna tekstur adonan yang lembut. Hal ini tentu saja didasari karena macaron memiliki tekstur adonan yang cukup lembut dengan isian yang lembut pula.

2. Bukan dari Prancis

5 Fakta Seputar Macaron, Kue Cantik dengan Warna MenarikPexels/Leah Kelley

Meskipun secara umum macaron dikenal banyak orang sebagai kudapan manis khas Prancis, ternyata faktanya orang pertama yang menemukan macaron berasal dari Italia. Catherine De Medici merupakan nama dari koki bangsawan Italia yang pada tahun 1533 yang kemudian menjadi Ratu Prancis.

Baca Juga: Selain Macaron, 10 Dessert Perancis Ini Memanjakan Mata dan Lidah 

3. Memiliki Hari Nasional

5 Fakta Seputar Macaron, Kue Cantik dengan Warna MenarikPexels/Brigitte Tohm

Macaron memang memiliki eksistensi yang luar biasa hingga memiliki Hari Nasional tersendiri di New York yang jatuh pada tanggal 20 Maret dan masih diperingati sejak tahun 2010. Konon orang-orang New York akan memperingati hari macaron dengan cara membagikan atau mendapatkannya secara gratis melalui toko-toko kue.

4. Evolusi macaron

5 Fakta Seputar Macaron, Kue Cantik dengan Warna Menariksouschef.co.uk

Macaron yang selama ini kita kenal sebagai kudapan manis dengan warna menarik ternyata pada awalnya hanya berupa kue kering biasa tanpa memiliki isian apalagi warna yang menarik. Namun, pada abad ke-20 macaron berubah menjadi kudapan yang sekarang kita kenal. Ide awal ini tercetus dari seorang Pierre Desfontaines yang ingin mengubah macaron seperti sandwich dengan isian yang lezat.

5. Aneka macam jenis macaron

5 Fakta Seputar Macaron, Kue Cantik dengan Warna Menariktastemade.com

Semakin berkembangnya dunia kuliner, ide-ide kreatif seputar pembuatan macaron pun semakin luar biasa. Dimulai dari warnanya yang semakin menarik bahkan tidak hanya terdiri dari satu warna, isian yang berbeda-beda dengan cita rasa yang manis hingga gurih, bahkan bentuknya yang semakin menarik dan tentu saja tidak hanya berbentuk bundar. 

Nah, 5 fakta menarik seputar macaron di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal jenis kudapan yang satu ini. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya