Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Mochi, Kue Manis Khas Jepang yang Kenyal

Kalau kamu paling suka varian rasa apa nih?

Jika kamu penyuka makanan manis apalagi yang berasal dari Negeri Matahari Terbit, tentu pastinya tidak akan melewatkan olahan manis bertekstur kenyal seperti mochi. Mochi memang secara umum terbuat dari beras ketan yang kemudian diolah dengan cara ditumbuk hingga memiliki tekstur lembut dan kenyal. Rata-rata mochi selalu memiliki isian yang membuat cita rasanya semakin melekat pada orang-orang yang mencobanya.

Untuk kamu yang mungkin selama ini hanya pernah mencoba mochi, kamu pun harus tahu lima fakta menarik di balik mochi yang orang jarang ketahui. Berikut lima daftar ulasannya!

1. Perayaan mochi

5 Fakta Menarik Seputar Mochi, Kue Manis Khas Jepang yang Kenyaltheculturetrip.com

Di negara asalnya yaitu Jepang, mochi ternyata cukup populer untuk dihidangkan pada perayaan tahun baru atau biasa juga dikenal sebagai mochitsuki. Perayaan tahun baru tradisional ini akan mengundang beberapa pembuat mochi untuk menunjukkan semacam atraksi dalam memukul beras hingga kemudian bertekstur kenyal dan lembut seperti mochi yang biasa kita santap.

2. Dango dan mochi

5 Fakta Menarik Seputar Mochi, Kue Manis Khas Jepang yang Kenyalakibanation.com

Jika mochi mungkin sudah cukup dikenal oleh dunia, beberapa orang awam terkadang masih sulit membedakan antara dango dan mochi. Kedua makanan khas Jepang ini memang memiliki tampilan yang cukup mirip dengan teksturnya yang lembut, namun tentu saja dango dan mochi adalah dua makanan yang berbeda.

Umumnya dango akan ditusuk seperti sate dan terbuat dari tepung beras kering, sementara mochi disajikan tidak dengan ditusuk seperti dango serta terbuat dari tepung mochigome.

Baca Juga: Resep Waffle Mochi, Menu Sarapan Lezat yang Mudah Dibuat

3. Kue yang dapat menambah stamina selama musim dingin

5 Fakta Menarik Seputar Mochi, Kue Manis Khas Jepang yang Kenyaltastemade.com

Tahukah kamu bahwa mochi pada umumnya menjadi panganan wajib bagi para warga lokal di Jepang selama musim dingin tiba. Hal ini ternyata karena kandungan dari mochi yang terdapat cukup banyak kalori dengan bebas gluten dan kolesterol.

Hal ini tentu akan memberikan stamina lebih bagi para warga lokal di musim dingin. Namun, saking populernya makanan ini, tentu para wisatawan asing tetap bisa menikmatinya kapanpun kok.

4. Teknik pembuatan yang cukup sulit

5 Fakta Menarik Seputar Mochi, Kue Manis Khas Jepang yang Kenyalrobbreport.com

Mungkin dari kita ada yang sudah pernah melihat bagaimana mochi dibuat dan tentu pemandangan unik itu dapat menjadi atraksi tersendiri bagi para wisatawan asing. Pembuatan mochi memang memerlukan teknik khusus seperti memukul dengan kayu dan memukul sambil membalikannya dengan tangan.

Tak heran bila diperlukan dua orang dalam mengolah mochi dan perlu teknik yang khusus, bila tidak tentu akan sangat berbahaya bila tangan terkena pukulan kayu.

5. Mochi modern

5 Fakta Menarik Seputar Mochi, Kue Manis Khas Jepang yang Kenyalseonkyounglongest.com

Saat ini berkembangnya era kuliner pun sudah cukup melesat secara signifikan sebab ada berbagai jenis varian rasa yang ditawarkan. Sebut saja dengan mochi berwarna-warni dengan isian yang menggoda, selain itu mungkin menu lain seperti mochi es krim menjadi inovasi yang populer dan sangat mudah menarik minat dari masyarakat.

Nah, lima fakta menarik tentang mochi di atas semoga dapat menjadi informasi dan referensi bagimu untuk semakin mengenal olahan kenyal dari Jepang ini. Ingin mencobanya kembali?

Baca Juga: Manis & Gurih, Ini Resep Super Gampang Bikin Kue Mochi di Rumah

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya