Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolah

Praktis, hemat, dan lezat kan?

Sandwich merupakan sejenis hidangan yang juga dikenal sebagai roti isi. Makanan ini sangat mudah dibuat hanya dengan beberapa komponen yang mudah ditemukan seperti roti, keju, daging atau sosis, dan selada.

Jika ditelisik memang sandwich memiliki kemiripan dengan burger, namun umumnya sandwich akan menggunakan roti tawar biasa atau bisa juga roti gandum dan roti baguette khas Perancis dengan bentuk yang panjang. Dibalik cita rasanya yang lezat, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar sandwich? 

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar sandwich yang unik dan seru untuk diulas, simak yuk apa saja!

1. Makanan paling praktis

5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolahplatters.com.au

Dahulu sandwich dikenal sebagai salah satu makanan paling praktis di dunia barat untuk dibawa kemana-mana dalam wadah portable. Biasanya orang tua akan membuat sandwich untuk bekal sekolah karena sangat praktis dan mudah dibawa. Namun, kini tidak hanya wilayah barat saja yang menganggap bahwa makanan ini praktis sebab hal ini telah berkembang hingga ke seluruh dunia.

2. Asal nama sandwich

5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolahcookinglight.com

Tahukah kamu bahwa nama makanan ini diambil dari salah satu nama aristokrat asal Inggris pada abad ke-18 bernama John Montagu, 4th Earl of Sandwich. Beliau merupakan penggemar kartu paling berat dan sehingga ingin terus bermain kartu tanpa harus diganggu waktu makan. Oleh sebab itu, daging yang diletakan pada roti menjadi makanan praktis untuk disantap saat memainkan kartu. 

Baca Juga: 4 Resep Sandwich Enak untuk Makan Siang, Gak Perlu Repot Cari Warung

3. Pemasaran awal sandwich

5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolaheggs.ca

Makanan praktis ini ternyata sebelumnya telah dijual oleh Marks and Spencer pada tahun 1980. Tak disangka ternyata bermula dari lima toko justru mampu tumbuh hingga lebih dari 100 toko dan bahkan mampu memproduksi sandwich dalam skala industri. 

4. Variasi nama

5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolahrealfood.tesco.com

Makanan ringan ini memiliki berbagai macam jenis variasi nama yang berbeda-beda ditiap negaranya khususnya di Amerika dan Inggris. Sebut saja roti isi, roti lapis BLT, roti lapis tuna, roti lapis tuna, dan sebagainya. Sudah tentu pelafalan nama dari sandwich ini berbahasa inggris. 

5. Aneka jenis isian

5 Fakta Menarik Seputar Sandwich, Roti Lapis untuk Bekal Sekolaheggs.ca

Sandwich tidak hanya memiliki variasi nama yang berbeda, namun juga memiliki isian yang beragam ditiap jenisnya. Sebut saja varian dengan isian daging seperti umumnya, buah-buahan, bahkan spaghetti, tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang menarik. 

Nah, lima fakta menarik seputar sandwich di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar semakin mengenal jenis makanan yang satu ini. Bagaimana menurutmu? 

Baca Juga: Berburu 5 Sandwich Terenak & Terunik, Cuma Ada di Jepang!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You