Comscore Tracker

Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice Cooker

Ternyata bisa untuk berbagai macam lho!

Rice cooker merupakan alat yang selama ini dikenal sebagai media untuk menanak nasi. Fungsinya yang memang sangat beragam membuat alat ini sering dijadikan pilihan alternatif saat mengolah sesuatu. Terlepas dari fungsinya utamanya untuk menanak nasi, tahukah kamu bahwa ternyata rice cooker juga biasa digunakan untuk aneka jenis makanan?

Untuk kamu yang penasaran apa saja fungsi lain dari rice cooker, berikut lima daftarnya. 

1. Membuat mi instan 

Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice CookerPexels/Buenosia Carol

Tak dapat dimungkiri bahwa fungsi lain dari rice cooker yang paling sering digunakan adalah untuk membuat mi instan. Cara ini seringkali menjadi alternatif bila tak tersedia kompor di sana.

Meski begitu, namun perlu dipahami bahwa membuat mi instan dengan menggunakan rice cooker mungkin akan memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan menggunakan kompor. 

2. Membuat kue

Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice CookerPexels/Abhinav Goswami

Fungsi menarik lainnya yang dimiliki rice cooker adalah sebagai pengganti oven untuk membuat menu kue. Cara ini dinilai praktis karena kamu dapat langsung menuangkannya adonan pada bagian dalam rice cooker yang sekaligus berperan sebagai loyangnya.

Jangan coba-coba langsung mengaduk adonan di dalam rice cooker ya karena akan merusak teflonnya. 

Baca Juga: Resep Nasi Susu Rice Cooker yang Creamy dan Praktis, Coba Yuk!

3. Membuat nasi uduk sendiri

Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice Cookerasianinspirations.com.au

Tak perlu repot-repot harus menanak nasi uduk di kompor jika kamu punya rice cooker di rumah. Kamu juga bisa membuat nasi kuning atau olahan nasi lainnya dengan menggunakan alat ini. Caranya pun mirip dengan menanak nasi, hanya saja dengan menambahkan bumbu-bumbu pelengkap lainnya. 

4. Membuat menu sup

Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice CookerPexels/Navada Ra

Jika tak ada kompor, kamu tetap dapat membuat sup dengan bantuan rice cooker. Proses memasaknya akan mirip dengan membuat mi instan. Meskipun durasi pemasakan akan lebih memakan waktu, namun cara ini dinilai efektif dan efisien dalam situasi yang tidak memungkinkan jika harus menggunakan kompor. 

5. Membuat agar-agar atau jelly

Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice CookerPexels/Dimitry Fadeev

Membuat agar-agar atau jelly dengan menggunakan rice cooker merupakan pilihan terbaik yang dapat kamu coba. Bagaimana tidak? Kamu tidak perlu repot lagi sebab dapat langsung menuangkan bahan-bahan ke dalam loyang rice cooker. Setelah matang, kamu dapat langsung mengeluarkan wadah rice cooker dan mendiamkannya hingga dingin.

Nah, beberapa fungsi lain dari rice cooker di atas dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu di situasi yang tak ada kompor. Jadi lebih praktis, kan?

Download aplikasi kuliner Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Cara Praktis Membuat Cheesecake ala Anak Kos, Cuma Pakai Rice Cooker

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya