Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Talenan, Penasaran? 

Alat memasak wajib yang harus dimiliki semua orang

Talenan merupakan alat memasak yang digunakan sebagai wadah untuk memotong-motong bahan makanan. Ada beraneka model dan variasi dari talenan, mulai dari talenan kayu sampai dengan talenan plastik. Lalu, apa saja hal penting yang harus diketahui dari talenan sebagai salah satu alat masak yang populer? 

Untuk kamu yang penasaran apa saja hal tersebut, berikut lima daftarnya. 

1. Memilih jenis talenan yang berkualitas

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Talenan, Penasaran? larchwoodcanada.com

Kualitas dari talenan ditentukan pada saat kamu membelinya. Pilihlah jenis talenan yang kuat atau kokoh untuk motong-motong sehingga tak mudah rapuh dan rusak. Kamu dapat menentukan sendiri untuk memilih talenan kayu atau talenan plastik. 

2. Menggunakan talenan plastik untuk bahan daging

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Talenan, Penasaran? made-in-china.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar untuk menggunakan talenan secara berbeda antara daging dan sayuran agar tak ada lagi kontaminasi silang. Hal tersebut benar adanya sehingga kamu lebih disarankan untuk menggunakan talenan plastik saat memotong daging. Alasannya adalah talenan plastik lebih cenderung tak berpori layaknya talenan kayu, sehingga tentu jadi lebih mudah dibersihkan. 

Baca Juga: 10 Tips Membersihkan Talenan Kayu, biar Bebas Bau dan Jamuran 

3. Memberi alas berupa lap pada talenan

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Talenan, Penasaran? sarazhandpans.com

Bagi kamu yang memiliki talenan plastik khususnya pasti sering mengalami licin saat memotong bahan-bahan makanan. Apalagi, biasanya memang meja dapur yang cenderung mudah basah. Oleh sebab itu, kamu dapat meletakan lap kering pada bagian alas talenan untuk mencegahnya bergerak-gerak atau terselip tiba-tiba. 

4. Mengganti dengan yang baru saat talenan sudah banyak goresan

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Talenan, Penasaran? bonappetit.com

Talenan dapat dilihat baru atau tidaknya melalui goresan-goresan pada permukaannya. Apabila banyak goresan, maka kamu dapat segera mengganti talenanmu dengan yang baru. Hal ini karena talenan yang banyak goresan akan sulit dibersihkan dan bisa menjadi pusat bakteri pada talenan. 

5. Jangan merendam talenan kayu

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Talenan, Penasaran? prevention.com

Jenis talenan apa yang kamu gunakan? Bila kamu menggunakan talenan kayu, sebaiknya kamu dapat membersihkannya dengan mengelap dengan kain yang mudah meresap air. Hal ini karena memang merendam talenan kayu akan membuat pori-porinya meresap terlalu banyak air. Risikonya adalah talenan kayu jadi lebih mudah berjamur.

Nah, beberapa hal di atas dirasa penting untuk kamu ketahui agar lebih mengenal segala hal tentang talenan. Jangan sampai salah, ya! 

Baca Juga: 5 Bahan Ini Dapat Menghilangkan Getah pada Talenan, Tampak Baru!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya