Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum dalam Menggoreng, Matang Jadi Tak Merata!

Hasil masakan pun jadi lebih renyah dan lezat

Menggoreng merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan dalam aktivitas di dapur. Proses ini sudah tentu akan melibatkan minyak atau mentega sebagai salah satu bahan yang digunakan. Biasanya hasil masakan yang diolah dengan cara dipanggang akan cenderung memiliki tekstur yang renyah dan lezat saat dicicipi.

Namun, tak semua hasil masakan yang digoreng bisa disajikan dengan maksimal. Beberapa kesalahan berikut bisa membuat kematangan hasil gorengan justru jadi tak merata.

1. Kesalahan suhu yang dipilih

5 Kesalahan Umum dalam Menggoreng, Matang Jadi Tak Merata!ilustrasi menggoreng (allrecipes.com)

Suhu menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menggoreng. Kesalahan dalam menggunakan suhu bisa berpotensi fatal dalam membuat hasil gorengan jadi matang maksimal. Penggunaan suhu tinggi yang ada justru membuat masakan jadi cepat matang, namun justru hasilnya bisa cenderung kering atau malah gosong. Sebaliknya, penggunaan suhu rendah akan membuat makanan jadi terlalu banyak meresap minyak sehingga kematangannya tak merata dan lembek.

2. Salah memilih minyak yang tepat untuk menggoreng

5 Kesalahan Umum dalam Menggoreng, Matang Jadi Tak Merata!ilustrasi minyak goreng (eatthis.com)

Untuk proses penggorengan sebaiknya tidak disarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebab titik panasnya yang rendah. Kamu dapat menggantinya dengan minyak canola atau dengan minyak lainnya. Penggunaan mentega juga biasanya digunakan untuk menggoreng beberapa jenis makanan seperti telur, asalkan tidak terlalu banyak agar cita rasanya tak asin.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Cipratan Minyak Saat Menggoreng, Lebih Aman!

3. Menggoreng makanan berukuran besar

5 Kesalahan Umum dalam Menggoreng, Matang Jadi Tak Merata!ilustrasi menggoreng ayam (seoaround.com)

Ukuran juga menjadi salah satu pertimbangan dalam proses penggorengan. Sebaiknya hindari menggoreng dalam ukuran yang sekaligus besar. Tidak hanya akan boros secara minyak, namun kematangannya sulit untuk merata dan juga akan membahayakan kamu karena cipratan minyaknya. Sebaiknya potonglah bahan makanan dengan ukuran sedang agar mudah dalam digoreng.

4. Menggoreng sekaligus banyak

5 Kesalahan Umum dalam Menggoreng, Matang Jadi Tak Merata!ilustrasi menggoreng (simplyrecipes.com)

Kesalahan lainnya yang paling sering dilakukan adalah menggoreng makanan dengan sekali tumpukan. Hal ini tentunya sangat tidak disarankan karena menggoreng dalam sekali banyak dapat membuat kematangannya jadi tidak maksimal. Selain itu, makanan juga akan mudah menempel satu sama lain.

5. Hindari minyak sisa untuk mengoreng

5 Kesalahan Umum dalam Menggoreng, Matang Jadi Tak Merata!ilustrasi minyak bekas (m.onlymyhealth.com)

Penggunaan minyak yang baik sebaiknya adalah dengan memilih minyak yang masih baru. Hindari minyak yang sudah digunakan berulang kali. Selain karena memiliki dampak negatif pada tubuh, namun minyak tersebut dapat memengaruhi cita rasa dan tampilan dari makanan yang digoreng.

Dengan meminimalisir kemungkinan untuk membuat beberapa kesalahan di atas, maka kamu pun dapat menggoreng dengan aman tanpa khawatir hasilnya gagal. Mudah untuk dicoba, bukan?

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini 6 Cara Menggoreng agar Makanan Lebih Lezat & Sehat

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya