Comscore Tracker

5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Bunga Matahari, Unik dan Lezat!

Gak cuma bisa dikonsumsi langsung lho

Bagi orang Indonesia tentu siapa sih yang tidak mengenal biji bunga matahari atau yang dikenal dengan nama kuaci? Biji bentuk mungil yang dibalut cangkang berwarna hitam putih ini memang selalu memiliki keunikan tersendiri dengan cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah.

Meski pada umumnya orang Indonesia sering mengonsumsi biji bunga matahari secara langsung tanpa diolah, namun justru ada pula lho beberapa menu makanan yang terbuat dari biji bunga matahari tersebut.

Kira-kira menu apa saja ya yang terbuat dari biji bunga matahari, berikut lima daftarnya!

1. Sunflower seed risotto with squash and mushrooms

5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Bunga Matahari, Unik dan Lezat!epicurious.com

Bagi kalian yang familier maupun menggemari olahan khas Italia, pasti tidak akan asing dengan risotto. Makanan yang terbuat dari beras ini memang memiliki banyak variasi sekaligus bahan-bahan yang dipersiapkan.

Tak terkecuali dengan biji bunga matahari yang dapat menjadi bahan pelengkap dari risotto lezat yang satu ini, tak hanya itu sebab eksistensi labu juga semakin menambah cita rasa dari menu ini.

2. Sprouted sunflower seed truffles

5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Bunga Matahari, Unik dan Lezat!sweetpotatosoul.com

Untuk kamu yang gemar bersantai sambil mencicipi camilan lezat, kamu tidak boleh melewatkan makanan ringan yang lezat berikut ini. Bentuknya yang bulat dan mungil ternyata memiliki cita rasa yang luar biasa sebab beberapa bahan yang digunakan seperti biji bunga matahari, labu, kelapa, aprikot, kurma, dan lain sebagainya. Dijamin dapat menemani santaimu.

Baca Juga: 5 Olahan Ini Semakin Lezat dengan Tambahan Saus Kacang, Tertarik?

3. Sunflower seed butter

5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Bunga Matahari, Unik dan Lezat!health.com

Apa jadinya ya apabila kuaci yang biasa kita makan secara langsung justru diolah menjadi selai atau mentega khusus dengan konsistensi yang lebih kental? Tentu saja cita rasanya akan sangat unik, ya. Gurih dari biji bunga matahari yang telah diolah ini sangat cocok bila dinikmati bersama dengan roti tawar.

4. Breakfast cookies

5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Bunga Matahari, Unik dan Lezat!myrecipes.com

Bagi kamu yang ingin menikmati menu sarapan yang mudah dibuat sekaligus praktis, kamu dapat mencoba kue kering yang satu ini. Meskipun hanya berupa kue kering biasa, tapi bahan yang digunakan unik sekaligus tidak biasa, lho. Penambahan biji bunga matahari di dalamnya memang membuat kue kering ini terasa lebih gurih.

5. Sunflower seed bread

5 Kreasi Olahan Berbahan Biji Bunga Matahari, Unik dan Lezat!germanfoodgiftsandmore.com

Bahan biji bunga matahari ternyata dapat dikombinasikan secara baik dan cocok dengan olahan roti lho. Roti yang biasanya memiliki topping berupa cokelat atau keju justru dapat diganti dengan biji bunga matahari yang semakin memberikan tekstur serta cita rasa yang luar biasa.

Selain itu, penambahan biji matahari juga dirasa sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati roti dengan sensasi berbeda.

Nah, 5 kreasi olahan di atas dapat menjadi inspirasi kuliner menarik yang dapat kamu coba. Cicipi semuanya, yuk!

Baca Juga: 9 Kuliner Legend Ini Wajib Kamu Icip Saat Berada di Pasar Gede Solo

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You