Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kulit Pai yang Renyah dan Lezat, Gak Gagal!

Cocok untuk diisi dengan aneka topping

Pai merupakan olahan lezat yang sangat umum dikonsumsi oleh banyak orang dengan aneka variasi yang ada. Olahan pai ini biasanya terdiri dari kulit pai yang renyah dan toppingnya yang lezat. Aneka topping banyak digunakan pada menu ini sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang menggugah selera. Namun, hal yang paling sulit dan penting dalam pembuatan pai adalah bagian kulitnya. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam membuat kulit pai yang renyah dan anti gagal, berikut lima daftarnya. 

1. Gunakan terigu berprotein sedang, telur, dan margarin dingin

5 Tips Membuat Kulit Pai yang Renyah dan Lezat, Gak Gagal!Pexels/Kaboompics .com

Penggunakan bahan-bahan yang ada memang akan memengaruhi kualitas kulit pai yang ada. Terigu berprotein tinggi justru akan membuat kulit pai cenderung akan lebih alot, sebaliknya justru lebih disarankan dalam menggunakan terigu dengan protein sedang. Selain itu, telur yang dingin dan mentega margarin beku yang digunakan juga dapat memberikan kerenyahan pada menu ini.

2. Pencampuran adonan

5 Tips Membuat Kulit Pai yang Renyah dan Lezat, Gak Gagal!Pexels/Skitterphoto

Ada yang menarik yang harus diperhatikan dalam mencampurkan adonan, yaitu memastikan bila adonan akan memiliki bentuk butiran yang tak rata, bukan kalis layaknya adonan roti. Gunakan alat pengaduk untuk mencampurkan bahan karena menggunakan tangan justru akan mengubah suhu adonan.

Baca Juga: Resep Oreo Pie yang Manis dan Creamy, Begini Cara Membuatnya 

3. Cetak adonan sesuai ukuran pai

5 Tips Membuat Kulit Pai yang Renyah dan Lezat, Gak Gagal!chowhound.com

Mencetak adonan pai merupakan hal yang patut diperhatikan terlebih dahulu. Kamu dapat menggiling adonan dengan menggunakan alat penggiling atau botol. Pastikan bahwa adonan tidak terlalu tipis atau terlalu tebal karena dengan begitu, maka kulit pai pun akan renyah secara maksimal. 

4. Tusuk dengan garpu

5 Tips Membuat Kulit Pai yang Renyah dan Lezat, Gak Gagal!leelalicious.com

Mungkin kamu pernah melihat kulit pai yang ditusuk-tusuk sebelum dipanggang? Ini adalah salah satu cara untuk membantu dalam mengalirkan suhu pada kulit pai. Dengan menusuk-nusuknya, maka kematangan pada kulit pai pun akan lebih merata dan tentunya tak ada bagian yang kurang matang.

5. Memanggang dengan tepat

5 Tips Membuat Kulit Pai yang Renyah dan Lezat, Gak Gagal!queenketo.com

Proses pemanggangan harus memerhatikan 2 hal, yaitu durasi dan suhu oven. Masukan kulit pai saat oven telah dipanaskan dalam suhu 150 derajat celsius. Sementara, durasi yang tepat untuk proses pemanggangan adalah 35 derajat celsius hingga matang. Diamkan sejenak selama 5 menit setelah dikeluarkan dari oven, kemudian keluarkan dari loyang. 

Nah, beberapa tips membuat kulit pai yang renyah di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu coba di rumah. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: Sering Gagal Bikin Kulit Pie yang Renyah? Coba Tips Berikut!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya