Comscore Tracker

5 Tips Mudah Membuat Lasagna di Rumah, Bikin Perut Keroncongan!

Lumernya keju berpadu dengan saus yang lezat

Olahan pasta memang memiliki jenis yang sangat beragam, salah satunya adalah lasagna. Menu lasagna terbuat dari salah saru jenis pasta yang memiliki bentuk memanjang dan biasa disajikan dengan cara menumpuknya. Cita rasanya yang lezat dengab tekstur yang lembut, tentu tak ada yang dapat menolak makanan yang satu ini.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips membuat lasagna sendiri di rumah, berikut lima daftarnya. 

1. Pemilihan bahan-bahan yang tepat dan berkualitas

5 Tips Mudah Membuat Lasagna di Rumah, Bikin Perut Keroncongan!thekitchn.com

Ketika akan membuat olahan seperti lasagna, pemilihan bahan-bahan merupakan hal utama yang tak boleh terlewat begitu saja. Pilih lah bahan-bahan yang tepat sesuai dengan banyaknya porsi yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan untuk memilih jenis bahan-bahan dengan kualitas yang baik. Dengan begitu, maka cita rasa dari lasagna akan maksimal. 

2. Tentukan wadah untuk memanggang

5 Tips Mudah Membuat Lasagna di Rumah, Bikin Perut Keroncongan!today.com

Menentukan wadah untuk memanggang merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan setelah itu. Ada beraneka bentuk wadah yang dapat digunakan, baik itu yang terbuat dari kaca atau pun aluminium foil seperti untuk berjualan. Ukurannya juga dapat disesuaikan dengan jumlah bahan-bahan yang kamu miliki. 

Baca Juga: Resep Membuat Lasagna Pangsit ala Yummy yang Creamy Abis! 

3. Pembuatan saus lasagna

5 Tips Mudah Membuat Lasagna di Rumah, Bikin Perut Keroncongan!realsimple.com

Saus lasagna memiliki pilihan saus yang cukup beragam, dari mulai saus jamur bahkan hingga saus bolognaise. Kamu dapat mempersiapkan saus sebelumnya agar nanti dapat langsung digunakan. Biasanya saus lasagna akan dibuat dengan konsistensi yang agak cair atau basah dengan tujuan untuk dapat mematangkan lembaran pasta lasagna yang digunakan. 

4. Menambahkan lapisan per lapisan sesuai dengan selera

5 Tips Mudah Membuat Lasagna di Rumah, Bikin Perut Keroncongan!simplyrecipes.com

Memang untuk membuat lapisan per lapisan dari lasagna membutuhkan takaran yang tepat agar seimbang. Namun, bila kamu membuatnya untuk di rumah, maka kamu dapat menyesuaikannya sesuai selera dan tergantung dengan ketersediaan bahan-bahan di sana. Pastikan bahwa isi lasagna nantinya tak terlalu banyak hingga meluber, namun juga tak terlalu sedikit hingga kering. 

5. Menutup lasagna dengan alumunium foil saat dipanggang

5 Tips Mudah Membuat Lasagna di Rumah, Bikin Perut Keroncongan!tasteofhome.com

Ada satu tips yang dapat kamu praktikkan ketika akan memanggang lasagna. Biasanya pada bagian atas lasagna sering kali sudah matang meskipun bagian dalamnya justru masih basah. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dapat menutupnya dengan aluminium foil agar panasnya dapat merata dan bagian atas lasagna pun tidak akan menjadi gosong. 

Nah, beberapa tips membuat lasagna di atas semoga dapat membantumu dalam membuatnya sendiri di rumah. Tertarik mencoba? 

Baca Juga: 10 Kesalahan Masak Lasagna yang Bikin Rasanya Gak Enak, Pernah Begini?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya