Comscore Tracker

5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezat

Sudah pernah dengar olahan-olahan ini? 

Mongolia merupakan negara yang terletak di Asia Timur. Secara geografis, negara ini berada di tengah-tengah antara Rusia dan Republik Rakyat Tiongkok. Negara dengan ibukota Ulan Bator ini telah terkenal memiliki keunikan dari sisi kebudayaannya, serta kuliner yang tradisional, namun lezat. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan khas dari Mongolia, berikut lima daftarnya. 

1. Khorkhog

5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezatcommons.m.wikimedia.org

Dapat dikatakan bahwa menu yang satu ini termasuk ke dalam olahan paling populer dari daratan Mongolia. Hal unik yang terlihat dari menu ini adalah cara masaknya yang dilakukan dengan menumpuk-numpukan batu, lalu disimpan panci pada bagian atasnya. Nantinya bahan-bahan akan mulai diolah, seperti daging kambing dan sayuran.

Konon cita rasa ini memang sedikit terasa hambar karena sayurannya, namun justru memiliki kelezatannya tersendiri.

2. Budaatai khuurga

5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezatellisonsinmongolia.com

Mongolia juga memiliki olahan yang secara tampilan mirip dengan nasi goreng khas Indonesia. Menu ini memang menggunakan nasi sebagai salah satu bahannya, namun juga dikombinasikan dengan bahan-bahan lain.

Irisan daging domba atau sapi, wortel, kol, paprika, dan lain sebagainya dijadikan bahan-bahan dalam menu ini. Tentunya terasa sangat kaya akan rempah di dalamnya. 

Baca Juga: 7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Berkhasiat Mengusir Rasa Lelah 

3. Ba bao fan

5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezatseriouseats.com

Biasanya olahan ketan lebih identik dengan olahan bercita rasa gurih, namun berbeda halnya untuk makanan khas Mongolia yang satu ini. Menu berbahan ketan ini justru ditambahkan potongan buah-buahan dan yogurt pada bagian atasnya sebagai topping. Perpaduan rasa gurih dan manis dari aneka bahan membuat menu ini tampak segar dan berbeda. 

4. Potato salad

5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezatmccormick.com

Mongolia juga tak ketinggalan dalam menyuguhkan olahan lezat seperti salad. Untuk versi salad dari Mongolia tentunya berbeda karena memadukan daging dan sayuran di dalamnya. Daging akan dipotong-potong berbentuk dadu, setelah itu dicampur dengan mayonaise. Parutan wortel, brokoli kukus, dan kentang juga ditambahkan untuk menu ini. 

5. Sup bantan

5 Olahan Khas dari Mongolia, Cita Rasa ala Tradisional yang Lezatashleyparamore.com

Mongolia juga memiliki olahan sup yang kalah nikmat, yaitu sup bantan. Sup ini memadukan kaldu yang lezat dan kaya akan cita rasa. Selain itu, ada pula daging yang dipotong berbentuk dadu, bawang bombai, daging giling, sayuran, wortel, dan lain sebagainya dalam menu ini. 

Nah, beberapa olahan khas dari Mongolia di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu bila ingin berburu kuliner di sana suatu hari nanti. Tertarik mencoba? 

Baca Juga: Taman hingga Tempat Kuliner, Ini 5 Wisata Malam di Jongno-gu Seoul

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya