Comscore Tracker

5 Olahan Khas dari Ukraina, Negeri Pecahan Uni Soviet di Eropa Timur

Cita rasa khasnya tak kalah dengan negara lain di Eropa

Ukraina merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa Timur dan juga merupakan negara pecahan dari Uni Soviet. Tak hanya mengenai kebudayaan dan destinasi bersejarah di negara tersebut, urusan kulinernya pun tak ketinggalan dalam menjadi sorotan. Ukraina memiliki beragam olahan bercita rasa unik dan lezat, serta tentunya tak kalah bila dibandingkan olahan khas negara-negara lainnya di dunia. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan khas dari Ukraina, berikut lima daftarnya! 

1. Borscht

5 Olahan Khas dari Ukraina, Negeri Pecahan Uni Soviet di Eropa Timurrealsimple.com

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Ukraina nanti, maka kamu wajib mencicipi sup yang satu ini. Sup ini terbuat dari tomat, kubis, bawang bombai, cabai, acar, dan lain sebagainya.

Konon menu sup khas Ukraina ini akan lebih nikmat lagi bila diolah dengan menggunakan pot dan masukan ke dalam oven kayu, dibandingkan dengan mengolahnya dengan kompor gas. Perempuan-perempuan dari Ukraina pun diwajibkan dapat memasaknya bila sudah siap menikah. 

2. Okroshka

5 Olahan Khas dari Ukraina, Negeri Pecahan Uni Soviet di Eropa Timurvegetariantimes.com

Sekilas menu ini tampak seperti dessert, apalagi dengan proses penyajian yang umuk pada musim panas. Padahal, menu ini memiliki cita rasa asin dan asam khas olahan Ukraina. Menu ini mirip seperti sup dengan bahan-bahan sayuran segar yang dipadukan dengan asam kvass atau kefir. 

Baca Juga: 6 Olahan Daging yang Cocok Disajikan Bersama Ketupat saat Lebaran

3. Golubtsi

5 Olahan Khas dari Ukraina, Negeri Pecahan Uni Soviet di Eropa Timurmennonitegirlscancook.ca

Salah satu hidangan yang biasa disajikan pada malam hari ini juga tak luput dari perhatian para turis yang datang. Menu ini pada dasarnya menggunakan kubis sebagai bahan utama. Sementara, isian dari kubis ini dapat berupa daging cincang.

Menariknya lagi, olahan ini kerap disajikan dengan tambahan krim asam khas Ukraina untuk membuat rasanya lebih erat dengan lidah masyarakat lokal.  

4. Chicken kiev

5 Olahan Khas dari Ukraina, Negeri Pecahan Uni Soviet di Eropa Timurcookthestory.com

Bila memang olahan khas Ukraina sedikit sulit kamu terima karena cita rasanya yang asam, namun untuk menu ini tampak lebih umum. Seperti namanya, menu ini memang berbahan utamakan daging ayam yang telah dihilangkan tulangnya. Menu ini disajikan dengan mentega khas yang membuat olahan ini semakin lezat. 

5. Banosh

5 Olahan Khas dari Ukraina, Negeri Pecahan Uni Soviet di Eropa TimurYoutube/Yellow kangaroo

Jika kamu mengunjungi dataran tinggi di Ukraina, maka akan menemukan olahan khasnya yang satu ini. Menu ini berbahankan tepung yang dipadukan bersama dengan krim asam dan brynza, yaitu keju lokal bercita rasa asin yang terbuat dari susu domba.

Biasanya, menu ini akan ditambahkan potongan jamur dan daging babi. Namun, umat Muslim dapat meminta pedagang untuk tidak menambahkan daging babi di atasnya. 

Nah, beberapa olahan khas Ukraina di atas semoga dapat menjadi informasi untukmu yang tertarik untuk mencicipinya. Mana yang paling bikin ngiler?

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Olahan Mi Populer Nusantara yang Nikmat untuk Dicoba

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya