Comscore Tracker

5 Olahan Khas dari Yunani, Negara yang Sarat akan Mitologi Budaya

Pernah terpikirkan mencoba salah satunya?

Selama ini hampir semua orang mengenal Yunani sebagai negara yang memiliki cerita-cerita mitologinya yang sangat kental. Cerita-cerita ini bahkan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Namun, tak banyak yang justru menyorot bahwa Yunani memiliki beragam jenis kuliner lezat yang menggugah selera dan bikin penasaran.

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan khas dari Yunani, berikut lima daftarnya.

1. Greek salad

5 Olahan Khas dari Yunani, Negara yang Sarat akan Mitologi Budayainspiredtaste.net

Dari namanya aja semua orang sudah dapat menebak dari mana salad sehat ini berasal. Memang salad segar ini merupakan salah satu olahan sehat yang rutin dikonsumsi oleh masyarakat lokal Yunani. Salad ini berisikan aneka ragam sayuran, contohnya adalah tomat yang dipotong dengan potongan besar, wortel, timun, aneka sayuran, dan lain sebagainya.

Hal yang membuat salad ini khas adalah penggunaan minyak zaitun untuk dituangkan pada bagian atasnya. Selain itu, ada pula potongan keju feta yang semakin menambah cita rasa.

2. Tzatziki

5 Olahan Khas dari Yunani, Negara yang Sarat akan Mitologi Budayainspiredtaste.net

Tak hanya salad sebelumnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat lokal, salad yang satu ini juga tak kala populer di sana. Tampilannya memang lebih menyerupai krim dengan konsistensi yang cukup padat, namun sebenarnya menu ini merupakan olahan salad.

Proses pembuatannya juga menggunakan bahan-bahan seperti yogurt Yunani yang kemudian dicampurkan dengan oregano, bawang bombai, timun, dan minyak zaitun pada bagian atasnya. Menu ini biasa disantap sebagai cocolan untuk roti pita.

Baca Juga: 8 Ide Olahan Macadamia Nut, Kacang Termahal yang Subur di Dalam Negeri

3. Kourabiedes

5 Olahan Khas dari Yunani, Negara yang Sarat akan Mitologi Budayaen.m.wikipedia.org

Anak-anak ataupun pecinta makanan manis pasti akan menggemari olahan lezat yang satu ini. Menu ini terbuat dari aneka bahan, sebut saja seperti mentega, kacang almond, tepung yang semuanya akan ditumbuk terlebih dahulu.

Selanjutnya, campuran bahan-bahan tersebut akan dipanggang. Hal yang unik adalah menu ini dikonsumsi dengan cara menaburkan gula halus pada seluruh bagian kue manis ini.

4. Moussaka

5 Olahan Khas dari Yunani, Negara yang Sarat akan Mitologi Budayataste.com.au

Olahan khas Yunani ini sangat mirip dengan lasagna yang umum dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Namun, ada perbedaan yang dapat ditemukan dari menu ini, yaitu pada bahan-bahan yang digunakan.

Pasta panggang ini berisikan daging sapi cincang, terong, serta ada pula potongan kentang yang diletakkan pada bagian dasarnya. Selain itu, menu ini juga dilengkapi saus tomat yang semakin menambah cita rasa.

5. Spanakopita

5 Olahan Khas dari Yunani, Negara yang Sarat akan Mitologi Budayarealfood.tesco.com

Yunani juga tak kalah dalam menyajikan menu pastry andalan mereka. Menu ini biasanya diisi oleh bayam dan telur, kemudian akan dibungkus dengan menggunakan phyllo pastry. Uniknya lagi, menu yang lezat disantap saat masih panas ini juga menggunakan keju andalan, yaitu keju feta untuk memberikan cita rasa dan tekstur tersendiri.

Biasanya, ada pula tambahan saus yang terbuat dari bawang, lemon, cabai, dan paprika yang membuatnya semakin terasa lezat.

Nah, beberapa olahan khas Yunani di atas dapat menjadi informasi untukmu agar semakin mengenal aneka ragam makanan yang berasal dari seluruh dunia. Lezat banget, bukan?

Download aplikasi resep masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Singkong, Sehat & Bikin Energi Bertambah!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya