Comscore Tracker

5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumah

Wajib dipahami agar cita rasanya tetap maksimal

Sebagai negeri yang memiliki segudang rempah-rempah khas dengan kualitas rasa yang tidak main-main, tentu Indonesia menjadi surganya para pecinta kuliner. Hal ini tentu tak terlepas dengan pemilihan kualitas rempah yang tepat dan sesuai dengan yang diharapkan sehingga menghasilkan cita rasa yang maksimal.

Untuk kamu yang penasaran mengenai tips dan cara memilih rempah kering yang tepat dan berkualitas agar cita rasanya tetap maksimal dan bikin ketagihan, berikut lima daftarnya! 

1. Perhatikan tekstur utamanya

5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumahtasteofhome.com

Hal yang sebagian besar menjadi tips memilih rempah kering adalah dengan memperhatikan tekstur yang ada. Bagi jahe dan kunyit, pastikan untuk memilih yang berkulit tipis, halus, serta tidak berkerut. Sementara seperti lada putih, hitam, maupun biji pala tentu akan lebih baik bila memperhatikan bentuk dan tekstur kulitnya. 

2. Amati warnanya

5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumahshopee.co.id

Aspek lain yang tidak boleh dilewatkan saat memilih rempah-rempah kering adalah dengan memperhatikan warna yang ada sebab akan menjadi indikasi kesegaran rempah tersebut. Sebut saja seperti pemilihan lada hitam dengan serpihan cokelat, lada putih dengan warnanya yang agak krem, cengkih yang bagian kepalanya terlihat lebih terang dari batang, maupun vanila yang memiliki warna cokelat. 

3. Aroma yang tercium

5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumahsuperadventure.co.id

Jika kamu ingin membeli rempah kering, alangkah baiknya bila kamu mencium aroma yang dihasilkannya terlebih dahulu. Aroma tersebut akan menjadi patokan untukmu dalam menentukan jenis maupun kualitas dari rempah tersebut. Tentu rempah yang baik akan menghasilkan aroma khas tersendiri. Pastikan aroma yang dihasilkan tidak apek apalagi berbau asam. 

Baca Juga: 7 Ragam Rempah yang Bentuknya Mirip, Simak Perbedaannya Ini

4. Pastikan bentuknya utuh

5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumah1freewallpapers.com

Tidak ada salahnya bila kamu memperhatikan bentuk dari rempah kering yang akan kamu beli terlebih dahulu. Pastikan bahwa rempah tersebut benar-benar segar dan utuh. Jangan memilih rempah yang memiliki bagian busuk, maupun hal lain yang membuatnya tampak tak layak dikonsumsi. Oleh sebab itu, kamu harus ekstra cermat dalam memperhatikannya. 

5. Cobalah beli dalam jumlah sedikit

5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumahfarmersalmanac.com

Tentunya selain untuk melihat kualitas dari rempah kering tersebut, pembelian dengan jumlah sedikit akan memaksimalkan pemanfaatan rempah saat diolah. Pastikan untuk menyimpannya di tempat kering dan tertutup rapat. Rempah dengan kualitas baik cenderung akan mudah busuk atau rusak ketika dibiarkan lama. 

Nah, 5 tips memilih rempah di atas dapat menjadi inspirasi bagi kamu untuk lebih selektif lagi dalam berbelanja bahan-bahan bumbu dapur. Jangan sampai terkecoh ya! 

Baca Juga: 4 Rempah Rahasia dalam Masakan Arsik Ikan Mas

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You