Comscore Tracker

5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!

Tiap negara memiliki sentuhan tersendiri untuk menu sandwich

Siapa yang tidak tahu roti isi? Roti isi juga biasa dikenal sebagai sandwich. Biasanya, roti isi atau sandwich merupakan satu roti utuh yang dibelah dan diisi dengan aneka bahan, seperti daging, selada, atau keju. Meski sepertinya memang sandwich merupakan menu yang universal untuk semua kalangan. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang justru memiliki menu sandwich sebagai olahan khas mereka? 

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan-olahan sandwich tersebut, berikut lima daftarnya. 

1. Chip butty, Inggris

5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!hungryforever.com

Negeri asal Ratu Elizabeth ini juga memiliki olahan ratu isi yang tak kalah populer di negara asalnya. Jika biasanya roti isi memiliki isian daging atau keju, berbeda halnya dengan menu khas Inggris yang satu ini. Sandwich ini memiliki isian berupa kentang goreng yang dipadukan dengan saus tomat, mayonaise, atau bahkan cuka malt. 

2. Kaya toast, Singapura 

5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!tastemade.com

Berbeda halnya dengan roti isi lain yang ada di dunia, menu khas Singapura ini justru memiliki cita rasa yang manis. Roti ini pada dasarnya merupakan dua lapis roti yang diberi isian mentega dan selai kaya yang merupakan perpaduan antara telur dan santan. Menu manis ini sangat populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat luas di Singapura. 

Baca Juga: Resep Sandwich Millenial yang Meleleh dan Menggugah Selera, Coba Yuk!

3. Jambon beurre, Prancis

5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!london.eater.com

Prancis tentu sangat terkenal dengan roti baguette yang mereka miliki. Tentunya tak heran bila roti jenis ini digunakan untuk bahan menu sandwich khas Prancis. Selain itu, menu ini berisikan daging ham, mentega, dan juga keju.

Meskipun isiannya terlihat umum, namun roti baguette yang digunakan semakin membuat sandwich ini tampak lokal layaknya menu khas Prancis.

4. Bánh mì, Vietnam 

5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!sunnysidecircus.com

Kata siapa hanya negara-negara barat yang memiliki menu sandwich? Faktanya, negara asal Asia Tenggara, yaitu Vietnam juga memiliki olahan serupa yang bahkan menggunakan roti baguette sebagai lapisannya.

Menu ini memiliki isian berupa acar daikon, ham, paprika, mayonaise, dan saus nuoc cham. Tentunya kamu harus mencobanya bila berkunjung ke Vietnam. 

5. Vada pav, India

5 Sandwich Lezat dari Berbagai Negara di Dunia, Cocok untuk Sarapan!thespruceeats.com

Bila menu sandwich banyak yang tidak familiar untuk para vegetarian, maka berbeda halnya dengan menu roti isi khas India ini. Sandwich lainnya dari Asia ini menggunakan isian kentang parut yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Selain itu, tak lupa juga menambahkan chutney sebagai topping.

Nah, beberapa sandwich khas dari berbagai negara di atas dapat menjadi rekomendasi untukmu bila berkunjung ke salah satu negara di atas. Mana yang paling bikin perut keroncongan? 

Baca Juga: 5 Jenis Sandwich yang Orang Jarang Ketahui, Yuk Kenalan!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya