Comscore Tracker

5 Tips Hemat Minyak Meski Menggoreng dengan Teknik Deep Frying, Catat!

Gak akan jadi mubazir minyak, deh

Setiap proses penggorengan sudah tentu membutuhkan minyak sebagai salah satu bahannya. Namun, ada pula beberapa orang yang lebih suka menggoreng dengan tekbik deep frying atau menggunakan minyak banyak hingga bahan makanan seakan tenggelam di dalamnya. Teknik ini akan membantu memberikan kematangan pada masakan.

Banyak orang yang mengira bahwa teknik deep frying membuatmu jadi lebih boros minyak. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu teknik menggoreng deep frying tanpa khawatir boros minyak. Simak, yuk.

1. Sesuaikan penggunaan minyak dengan bahan makanan

5 Tips Hemat Minyak Meski Menggoreng dengan Teknik Deep Frying, Catat!seriouseats.com

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah takaran penggunaan minyak. Coba kamu beri takaran yang jelas mengenai penggunaan minyak agar nantinya justru tidak berlebihan. Kamu dapat menentukan takaran berdasarkan banyaknya bahan-bahan makanan yang digunakan.

2. Jangan sampai minyak berasap

5 Tips Hemat Minyak Meski Menggoreng dengan Teknik Deep Frying, Catat!washingtonpost.com

Sebelum menggoreng memang ada baiknya untuk memanaskan minyak terlebih dahulu. Namun, jangan memanaskan minyak hingga berasap. Cara tersebut dapat menjadi indikasi bahwa minyak telah teroksidasi atau kehilangan kandungan vitamin baik di dalamnya.

Baca Juga: 5 Tips Menggunakan Minyak Goreng Agar Tak Cepat Keruh, Bebas Ampas!

3. Jika memungkinkan, gunakan minyak baru

5 Tips Hemat Minyak Meski Menggoreng dengan Teknik Deep Frying, Catat!Pexels/Pixabay

Untuk menghasilkan gorengan yang lezat dan renyah maksikal, maka penggunaan minyak pun perlu kamu perhatikan. Jika memungkinkan, kamu lebih disarankan untuk menggunakan minyak baru. Hindari minyak bekas yang sudah berubah warna dan bau.

4. Ketahui urutan dalam menggoreng

5 Tips Hemat Minyak Meski Menggoreng dengan Teknik Deep Frying, Catat!thespruceeats.com

Penggunaan minyak sejatinya bisa dilakukan lebih dari sekali selama kualitasnya masih tetap baik. Oleh sebab itu, kamu tetap dapat menggunakannya kembali bila memerhatikan urutan ketika menggoreng. Sebagai contoh, proses penggorengan dapat dimulai dari menggoreng bahan makanan yang rendah kadar airnya.

5. Biasakan menyaring minyak

5 Tips Hemat Minyak Meski Menggoreng dengan Teknik Deep Frying, Catat!wikihow.com

Selepas proses penggorengan, disarankan untukmu agar selalu menyaring minyak yang telah digunakan. Proses penyaringan membantu memisahkan antara minyak murni dengan ampas atau kotoran yang ada. Dengan begitu, maka kamu bisa menggunakan kembali dengan kondisi yang baik.

Nah, tak sulit menggoreng deep frying tanpa perlu khawatir akan boros minyak. Yuk, terapkan!

Baca Juga: 5 Tips Bersihkan Tempat Bekal Plastik, Bebas Minyak Anti Bau

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya