Comscore Tracker

5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!

Kamu dapat mencemari lingkungan bila tidak tepat membuangnya

Minyak goreng merupakan salah satu bahan memasak yang digunakan sehari-hari. Penggunaannya yang memang khusus untuk menggoreng aneka olahan ini biasanya sering menyisakan sisa. Padahal, minyak dapat berbahaya bila berkali-kali digunakan. Sementara, membuangnya di wastafel juga berbahaya untuk lingkungan karena akan mencemarinya. Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana cara membuangnya. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips untuk membuang minyak bekas, berikut lima daftarnya. 

1. Diamkan hingga minyak dingin

5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!leafly.com

Banyak orang yang terburu-buru dalam membuang minyak ketika masih panas, padahal itu sangat berbahaya karena wadah yang digunakan dapat meleleh dan mengenai diri. Oleh sebab itu, diamkan hingga minyak dingin. Setelah itu, kamu baru lanjutkan langkah selanjutnya. 

2. Menyimpan minyak di wadah yang tak bisa didaur ulang

5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!indonesian.alibaba.com

Selanjutnya kamu dapat memindahkan minyak ke wadah yang tak bisa didaur ulang. Salah satu wadah tersebut adalah botol plastik. Namun, kamu juga bisa menggunakan karton susu atau wadah berbahan kertas. Setelah itu buang di tempat sampah khusus. 

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Cipratan Minyak pada Masakan, Catat Ya!

3. Membekukannya

5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!eatsmarter.com

Membekukan minyak goreng dapat menjadi alternatif pilihan lainnya yang dapat kamu lakukan. Cara ini dinilai cukup efektif karena kamu hanya perlu meletakan minyak bekas pada wadah dan membiarkannya di freezer hingga membeku. Setelah itu, kamu dapat membuangnya ke tempat pembuangan khusus. 

4. Menggabungkan minyak dengan limbah lain

5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!isroi.com

Selanjutnya, kamu dapat mencoba tips untuk menggabungkan minyak dengan limbah lain. Beberapa contoh limbah lain adalah serbuk gergaji, kotoran kucing, tisu, kertas pasir, dan lain sebagainya. Cara ini akan membantu minyak untuk terserap oleh limbah sehingga mudah dibuang. 

5. Menggunakan oil solidfier

5 Tips Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Jangan di Wastafel!seriouseats.com

Oil solidfier ini merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mengubah minyak goreng menjadi lebih padat. Cara ini juga akan sekaligus mematikan racun-racun yang ada di dalamnya. Kamu dapat membuangnya ke tempat khusus setelah itu.  

Nah, itulah tips untuk membuang minyak bekas agar tak mencemari lingkungan. Jangan buang di wastafel, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Minyak Goreng saat Memasak, Jangan Boros!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya