Comscore Tracker

5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!

Jangan takut gagal membuat dimsum walau masih pemula

Siapa yang tidak mengenal dimsum? Olahan yang satu ini terkenal dengan tekstur lembutnya yang lembut dan tampilan menu khas Tiongkok. Ada beragam jenis dimsum yang dapat dikonsumsi, namun tak banyak yang diketahui orang-orang. Selain membelinya sendiri di liar, kamu dapat membuat dimsum sendiri di rumah.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam membuat dimsum di rumah, berikut lima daftarnya.

1. Tak semua tepung cocok untuk jenis dimsum

5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!Pexels/Markus Spiske

Jika kamu berpikir bahwa satu tepung saja cocok untuk semua jenis dimsum, maka salah besar. Kamu harus mengetahui apa saja tepung yang sekiranya cocok untuk jenis-jenis dimsum. Sebagai contoh, dimsum siomay cocok dibuat dari tepung tapioka dengan campuran tepung terigu. Sementara, dimsum hakau lebih cocok dibuat dari tepung tang mien. 

2. Bahan berkualitas akan menentukan cita rasanya

5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!Pexels/mali maeder

Jika kamu ingin dimsum buatanmu memiliki cita rasa yang maksimal, maka pastikan bahwa kamu telah memilih jenis bahan-bahan yang tepat pula. Hal ini lebih ditekan kan pada pemilihan daging-dagingan yang biasa dipilih untuk isian dimsum, sebut saja seperti ikan atau ayam. Bila masih segar, maka hasilnya juga akan lezat.

Baca Juga: 7 Jenis Dimsum Populer Bagi Orang Indonesia, Kamu Mau Coba?

3. Air es sebagai kunci utama

5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!Pexels/Pixabay

Bila membuat dimsum, tak akan luput dari penggunaan air es sebagai kunci utamanya. Air es berfungsi untuk membuat adonan menjadi kenyal dan memudahkan dalam proses pencampuran aneka jenis bahan. Memang hampir rata-rata semua bahan lebih baik digunakan saat masih dalam kondisi segar dan dingin.

4. Ketahui takaran 

5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!Pexels/Skitterphoto

Sebelum membuat dimsum, tentunya kamu perlu memerhatikan takaran bumbu yang digunakan. Ketahui lah kira-kira rempah seperti apa yang cocok dan pas untuk dimsum buatanmu. Memasukkan terlalu banyak rempah hanya akan membuat olahan dimsum buatanmu menjadi tak sedap.

5. Berkreasi dengan isian dimsum dan sausnya

5 Tips Membuat Dimsum Sendiri di Rumah, Lezat dan Lembut!Pexels/Buenosia Carol

Jika kamu membuat dimsum sendiri di rumah, maka tak ada batasan untukmu dalam berkreasi. Kamu dapat mengganti isian dimsum dengan bahan yang tersedia di rumah. Selain itu, kamu juga bisa kreasi untuk olahan saus yang akan digunakan. Tentunya dengan begitu, kamu akan mengetahui seperti apa kreasi dimsum yang cocok di lidahmu.

Nah, beberapa tips membuat dimsum di atas semoga dapat menjadi informasi menarik untukmu coba di rumah. Mudah, bukan?

Baca Juga: 5 Resep Dimsum yang Enak dan Lezat, Pemula pun Bisa Membuatnya

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya