Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!

Kamu juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah 

Ada beragam jenis kue yang dapat dicoba dan dinikmati. Menu pastry tak melulu harus kamu beli, melainkan juga dapat dibuat di rumah dengan menggunakan bahan yang telah disediakan. Namun, tak semua orang memahami bagaimana cara membuatnya pastry dengan benar agar hasilnya sempurna.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat pastry yang tepat agar hasilnya maksimal, berikut lima daftarnya. 

1. Menggunakan bahan berkualitas

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!Pexels/Suzy Hazelwood

Sebelum membuat pastry, sudah tentu menyiapkan bahan-bahan adalah hal utama yang harus dilakukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pastry adalah tepung terigu protein tinggi, pastry shortening atau mentega khusus pastry, kuning telur, margarin, air dingin, dan garam. Pilih lah bahan-bahan di atas yang memiliki kualitas terbaik agar hasilnya pun maksimal. 

2. Memahami takaran adonan

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!Pexels/Skitterphoto

Setelah mempersiapkan bahan-bahan, kamu dapat pula membuat adonan sendiri di rumah. Sebelum itu, pastikan bahwa kamu telah memahami secara tepat takaran untuk membuat pastry agar hasilnya pun lezat maksimal dan tentunya tepat. Setelah proses pencampuran bahan bahkan hingga pengulenan, kamu dapat membungkus adonan dengan plastik dan letakkan beberapa saat di dalam lemari pendingin. 

Baca Juga: 6 Kue Pastry Renyah yang Bikin Kamu Susah Berhenti Mengunyah

3. Menggiling puff pastry dengan tepat

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!Pexels/Skitterphoto

Langkah yang satu ini cukup riskan karena harus dilakukan secara perlahan. Pahami betul bahwa kamu telah mengetahui cara dalam menggiling adonan pastry agar tak hancur. Giling lah secara perlahan agar tidak merusak adonan yang ada. Tentu dengan melakukan hal yang sesuai dengan langkah, maka adonan pastry pun dapat lezat maksimal. 

4. Menyimpan di lemari pendingin

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!Pexels/Curtis Adams

Setelah memastikan bahwa adonan telah selesai digiling, kamu dapat melanjutkan langkah selanjutnya yaitu membungkus dengan plastik dan meletakannya di dalam lemari pendingin. Proses ini mungkin akan memakan waktu beberapa kam sebelum akhirnya siap untuk dipanggang. Pastikan untuk menyimpannya dalam waktu yang tepat agar pastry nantinya dapat mengembang sempurna. 

5. Memanggang pastry

5 Tips Membuat Kue Pastry yang Renyah dan Mengembang Sempurna, Lezat!Pexels/cottonbro

Proses pemanggangan juga menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk memaksimalkan hasil dari pastry. Pastikan bahwa durasi pemanggangan tepat sehingga olahan ini dapat mengembang sempurna dengan tampilan yang cantik. Nantinya pastry akan memiliki kerenyahan di luar dan kelembutan di dalamnya.

Nah, beberapa tips membuat pastry di atas dapat membantumu dalam membuatnya sendiri di rumah. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: 6 Jenis Pastry yang Umum Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya