Comscore Tracker

5 Tips Memilih Wortel Berkualitas Baik, Segar untuk Diolah!

Cita rasa dan kesegaran wortel tetap terjaga dengan baik

Wortel merupakan sejenis sayuran berbentuk panjang dan berwarna oranye. Jenis sayuran ini cukup populer diolah menjadi beragam sajian lezat.

Bahkan, menu ini bisa kamu sajikan segar tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Untuk memastikan cita rasanya maksimal, kamu dapat mencoba beberapa tips berikut ini untuk memperoleh wortel berkualitas baik agar cita rasanya lezat.

1. Pilih wortel dengan pucuk daun yang berwarna hijau segar

5 Tips Memilih Wortel Berkualitas Baik, Segar untuk Diolah!ilustrasi wortel (Pexels/mali maeder)

Sekilas saat membeli wortel pun sebetulnya kamu sudah dapat melihat kesegaran dari sayuran yang satu ini. Wortel berkualitas baik tentunya memiliki bagian pucuk daun berwarna hijau segar dan tidak layu. Tentunya dengan memilih jenis wortel yang demikian, maka kualitasnya pun akan tetap terjaga baik.

2. Jangan memilih wortel dengan goresan

5 Tips Memilih Wortel Berkualitas Baik, Segar untuk Diolah!ilustrasi wortel (Pexels/@thiszun (follow me on IG, FB))

Dalam proses pemilihannya pun kamu harus melihat bagaimana pola tekstur dari wortel. Hindari wortel yang justru memiliki goresan. Selain tak terjamin higenitasnya, wortel dengan goresan juga jadi membuatnya tak segar lagi. Wortel yang berkualitas baik tentunya akan dipanen dengan tampilan yang mulus dan segar.

Baca Juga: Resep Nugget Ayam Wortel, Cocok untuk Camilan Sore Hari

3. Memilih bentuk wortel yang sempurna

5 Tips Memilih Wortel Berkualitas Baik, Segar untuk Diolah!ilustrasi wortel (Pexels/Hana Mara)

Secara umum wortel memiliki bentuk lurus yang melebar pada bagian atasnya dan mengerucut hingga ke bagian bawahnya. Sejujurnya untuk jenis wortel seperti ini menunjukan kualitas yang baik. Pada beberapa jenis wortel yang tak terlalu bagus justru bentuknya cenderung acak, bahkan dengan akar tunas pada bagian bawahnya.

4. Wortel berukuran besar untuk cita rasa yang manis

5 Tips Memilih Wortel Berkualitas Baik, Segar untuk Diolah!ilustrasi wortel (Pexels/Suzy Hazelwood)

Kamu dapat menentukan besar kecilnya wortel sesuai selera. Namun, tentu disarankan untukmu dalam memilih wortel dengan kualitas yang lebih besar. Alasannya adalah karena wortel berukuran besar memiliki cita rasa yang relatif manis sehingga cocok untuk diolah menjadi beragam sajian lezat.

5. Memiliki warna oranye segar

5 Tips Memilih Wortel Berkualitas Baik, Segar untuk Diolah!ilustrasi wortel (Pexels/Pixabay)

Warna pada wortel juga dapat menentukan kesegarannya. Untuk memperoleh wortel berkualitas baik tentu kamu dapat sebaiknya memilih wortel berwarna oranye segar. Jangan memilih yang berwarna pucat atau bahkan berubah warna.

 

Dengan cara pemilihan wortel yang tepat tentunya kamu dapat memperoleh jenis wortel berkualitas dengan cita rasa yang segar. Makanan jadi tetap lezat!

Baca Juga: 5 Ide Sajian Gurih Lezat Berbahan Wortel, Bisa jadi Menu Rumahan!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya