Comscore Tracker

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Merata

Gak gagal lagi deh dalam menggoreng ikan

Ikan adalah salah satu komoditas pangan yang juga cukup umum dikonsumsi, selain daging-dagingan. Beraneka macam ikan banyak yang dikonsumsi dengan cara diolah menjadi aneka menu. Salah satu cara pengolahannya adalah dengan menggunakan teknik penggorengan.

Sayangnya, seringkali ikan justru mudah gosong, tak matang merata, atau bahkan hancur saat digoreng. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips meminimalisir hal tersebut, berikut lima daftarnya. 

1. Balur ikan dengan tepung

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Meratathespruceeats.com

Apabila kamu ingin lebih aman dari letupan minyak dan menghindari ikan yang mudah hancur, kamu dapat membalurnya dengan menggunakan adonan tepung. Cara ini dapat membantu meminimalisir kemungkinan daging ikan akan hancur dan minyak yang terletup-letup. Selain itu, hasilnya justru akan memberikan tekstur renyah pada ikan. 

2. Tidak menumpuk ikan saat menggoreng

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Meratathespruceeats.com

Banyak orang yang memiliki inisiatif untuk menggoreng ikan dengan cara menumpuknya. Hal ini sangat tidak direkomendasikan karena hanya akan membuat ikan mudah menempel satu sama lain. Selain itu, ikan justru akan sulit matang dengan merata karena hal tersebut. 

3. Gunakan durasi penggorengan dan tutup wajan

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Meratarealsimple.com

Cara yang tak kalah praktis adalah dengan menutup wajan penggorengan agar hasil kematangannya lebih merata. Namun, pastikan bahwa kamu telah menggunakan timer pengingat untuk durasi penggorengan dengan panas api yang tepat agar hasilnya tak melenceng. Langkah ini juga cukup efektif untukmu yang multitasking untuk mengerjakan hal lainnya, selain memasak. 

Baca Juga: 7 Kuliner Ikan Kuah Khas Sumatera, Ada yang dari Ikan Hiu Lho

4. Jangan membolak-balikan ikan

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Merataleitesculinaria.com

Salah satu alasan dari kematangan ikan yang tak merata adalah karena seringnya kamu membolak-balikan ikan. Cara tersebut juga akan membuat ikan mudah hancur saat digoreng. Oleh sebab itu, cukup balik ikan satu kali saja ketika memastikan bahwa sisi ikan yang digoreng telah matang sempurna dan merata. 

5. Goreng dengan deep-fry

5 Tips Menggoreng Ikan Agar Tak Mudah Hancur dan Matangnya Merataonthewater.com

Cara lainnya yang dapat kamu coba adalah dengan menggoreng menggunakan teknik deep-fry. Teknik ini dilakukan dengan cara menggoreng ikan dengan cara menenggelamkannya ke dalam minyak. Tentunya minyak yang digunakan juga haruslah banyak sampai menenggelamkan seluruh bagian ikan.

Cara ini akan membuat hasil masakan lebih renyah, matang merata, dan tak mudah hancur. Nah, aneka tips menggoreng di atas semoga dapat memberikan rekomendasi dalam mengolah ikan sendiri di rumah agar tak gagal lagi hasilnya. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Trout Pelangi, Satu Keluarga dengan Ikan Salmon

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya