Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat Roti

Salah-salah roti bisa bantet

Ragi merupakan salah satu bahan paling penting dalam membuat roti. Kesuksesan roti dalam mengembang juga dipengaruhi dengan hal tersebut. Meski begitu, masih banyak orang yang bingung untuk menggunakan ragi dan khawatir hasilnya tak akan sesuai dengan ekspektasi. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam menggunakan ragi agar roti tak bantet dan keras. Berikut lima daftarnya. 

1. Memastikan ragi masih dapat digunakan

5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat Rotifoodandwine.com

Biasanya ragi menjadi bahan yang sering disimpan di rumah bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun, menyimpan ragi terlalu lama pun akan berdampak pada kualitasnya.

Oleh sebab itu, pastikan ragi yang kamu simpan masih dapat digunakan dengan cara menuangkannya pada air hangat. Bila muncul gelembung-gelembung kecil, maka ragi masih bisa digunakan. 

2. Menjaga suhu hangat pada adonan 

5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat RotiPexels/Vaibhav Jadhav

Untuk memaksimalkan hasil yang ada, kamu harus memastikan bahwa adonan yang ada memiliki suhu yang hangat. Kehangatan suhu hanya boleh diperoleh di suhu ruang. Oleh sebab itu, kamu dapat meletakannya di dekat kompor yang menyala di dapur. Hangatnya adonan di suhu ruang akan membantu dalam kinerja ragi. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Ragi untuk Membuat Roti, Cek biar Gak Salah Penggunaan

3. Meminimalisir penggunaan mentega, susu cair, atau garam

5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat RotiPexels/Pixabay

Ragi yang biasa dipilih untuk membuat roti ternyata dapat bekerja secara lambat apabila terdapat terlalu banyak ketiga bahan tersebut. Oleh sebab itu, meminimalisir ketiga bahan tersebut dapat membantu ragi dalam bekerja secara maksimal. Kamu dapat mengganti mentega dengan margarin atau susu cair dengan susu bubuk. 

4. Jangan terlalu lama membiarkan roti mengembang

5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat RotiPexels/Skitterphoto

Pada saat proses pengembangan biasanya memakan waktu satu jam untuk ukuran sedang, meskipun untuk ukuran yang lebih besar pasti membutuhkan waktu pengembangan yang lebih lama.

Apabila kamu terlalu lama membiarkan roti mengembang, maka nantinya roti akan tiba-tiba mengempis. Jika roti seperti ini dipanggang, justru akan menjadi bantet dan keras. 

5. Tak mau repot? Gunakan bread maker saja

5 Tips Menggunakan Ragi yang Tepat untuk Membuat Rotiaskgeorge.com

Apabila kamu tak mau repot dalam membuat roti, maka kamu dapat menggunakan bread maker. Alat memanggang 3 in 1 yang multifungsi ini sangat penting dalam memaksimalkan hasil pada proses pemanggangan roti. Selain itu, kamu juga jadi tak perlu repot-repot lagi dalam mengolahnya. 

Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi informasi untukmu agar tak bingung lagi saat menggunakan ragi. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Roti Sendiri di Rumah, Mudah dan Praktis!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya