Comscore Tracker

5 Tips Menghias Cupcake agar Tampilannya Tampak Lebih Menarik! 

Dijamin cupcakemu pun jadi bikin orang-orang penasaran

Cupcake merupakan kue manis yang berbentuk cangkir kecil. Biasanya cupcake memiliki cetakan khusus yang biasa digunakan untuk memanggang. Namun, tak lengkap bila menyajikan cupcake tanpa tambahan topping lezat yang semakin mempercantik tampilan cupcake. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips dalam menghias cupcake agar tampilannya tampak lebih cantik dan menarik, berikut lima daftarnya. 

1. Cupcake harus dingin sebelum dihias

5 Tips Menghias Cupcake agar Tampilannya Tampak Lebih Menarik! Pexels/Alexandru Georgescu

Sebelum menghias cupcake dengan aneka kreativitasmu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membiarkan cupcake dingin terlebih dahulu mengikuti suhu ruang.

Diamkan sekitar 1 jam setelah proses pemanggangan dan taruhlah cupcake di atas loyang untuk proses pemanasan agar cupcake buatanmu tak lembek. Menghias cupcake saat masih panas justru akan melelehkan buttercream. 

2. Menggunakan buttercream 

5 Tips Menghias Cupcake agar Tampilannya Tampak Lebih Menarik! Pexels/Lukas

Bahan pertama yang dapat kamu tambahkan pada topping adalah buttercream. Setidaknya bahan ini lebih memiliki konsistensi yang kokoh dan padat bila dibandingkan dengan whipped cream. Tentu dengan memerhatikan konsistensi, maka tak perlu khawatir bila topping akan tercecer atau tumpah. 

Baca Juga: 10 Cupcake Paling Mahal di Dunia, Ada yang Seharga Rumah Lho!

3. Menggunakan piping bag

5 Tips Menghias Cupcake agar Tampilannya Tampak Lebih Menarik! bukalapak.com

Kamu pasti pernah melihat orang-orang menggunakan piping bag atau plastik segitiga pada saat proses pendekoran cupcake. Masukan buttercream ke dalamnya dan saat sudah memenuhi plastik, maka gunting lah bagian ujungnya sedikit. Alat sederhana ini akan membantumu dalam menghias cupcake. 

4. Mencetak dengan perlahan dan sabar

5 Tips Menghias Cupcake agar Tampilannya Tampak Lebih Menarik! tasteofhome.com

Mendekor memang bukan lah hal mudah untuk dilakukan. Sebagai pemula, proses pendekoran harus dilakukan secara perlahan agar hasilnya rapi dan maksimal. Jangan lakukan dengan buru-buru karena hanya akan membuat hasilnya tak bagus. 

5. Memberi topping saat akan disajikan

5 Tips Menghias Cupcake agar Tampilannya Tampak Lebih Menarik! Pexels/Oriana Ortiz

Proses pemberian topping memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, patut kamu perhatikan bahwa pemberian topping lebih baik dilakukan saat cupcake akan disajikan. Dengan begitu, maka topping buatanmu akan tetap segar dan tak alot, khususnya untuk bahan-bahan seperti biskuit. 

Nah, beberapa tips dalam mendekor cupcake di atas dapat menjadi informasi untukmu agar tak bingung lagi saat akan menghiasnya. Sangat mudah, bukan? 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Seputar Cupcake, Kue Mungil Nan Manis

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya