Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Ampela Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasak

Kekenyalannya dijamin bikin ketagihan

Masyarakat Indonesia mungkin sudah sangat familiar dengan ampela ayam yang berotot dan memiliki dinding tebal. Uniknya lagi, ampela ayam sering kali menjadi bagian paling digemari karena kenyal. Namun perlu keahlian dalam mengolahnya agar ampela tidak bau saat dimasak. Di balik kelezatannya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara mengolah ampela yang baik?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara mengolah ampela ayam yang baik dan sesuai agar tidak bau saat diolah, simak yuk apa saja!

1. Pilihlah ampela ayam yang masih segar

5 Tips Mengolah Ampela Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasaktaiwanhalalmeat.com

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai untuk mengolah ampela adalah dengan cara memilih ampela yang tepat untuk diolah. Pilihlah ampela ayam dengan kualitas baik dan warna yang masih merah segar, pastikan bahwa ampela masih dalam keadaan baik, tidak beraroma kuat, dan tidak memiliki noda.

2. Cucilah ampela ayam dibawah air mengalir

5 Tips Mengolah Ampela Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasaktokopedia.com

Jika kamu penasaran bagaimana cara menghilangkan bau dan kotoran dari ampela, kamu dapat mencucinya di bawah air mengalir. Jangan lupa untuk mengiris bagian pada ampela sampai kotorannya keluar dan lepaskan kulit ari dasarnya yang berwarna kuning oranye karena itu merupakan salah satu bagian yang menampung kotoran pada ayam. Pastikan ampela ayam telah bersih dari kotoran yang menempel.

3. Gunakan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau nya

5 Tips Mengolah Ampela Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasaktaiwanhalalmeat.com

Apabila dirasa mencuci saja belum efektif menghilangkan bau dari ampela, kamu dapat mencoba untuk merendamnya sesaat dengan perasan jeruk nipis. Aroma dan cita rasa dari perasan jeruk nipis itu lah yang akan memberikan sensasi tersendiri saat menikmati ampela sehingga bebas dari aroma tidak sedap.

Baca Juga: 6 Tips Masak Biar Kamu Gak Gampang Mager Lagi Saat ke Dapur

4. Didihkan ampela bersama dengan jahe dan daun jeruk

5 Tips Mengolah Ampela Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasakverywellfit.com

Untuk membuat ampela menjadi lebih empuk, kamu dapat mencoba untuk merebus ampela di dalam air yang mendidih dengan tambahan jahe yang telah digeprek dan daun jeruk. Aroma jahe yang berpadu dengan daun jeruk akan memberikan sensasi tersendiri sekaligus menambah aroma yang khas.

5. Ampela siap diolah

5 Tips Mengolah Ampela Ayam Agar Tidak Bau Saat Dimasakreseptina.com

Setelah merebus ampela, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengolah ampela menjadi beberapa hidangan sesuai dengan selera masing-masing. Kamu dapat menggoreng ataupun mengolah ampela menjadi hidangan lezat nan menggoda untuk menemani santapmu.

Nah, lima tips mengolah ampela ayam di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli ampela agar tidak sampai bingung saat mengolahnya. Mau mencobanya?

Baca Juga: 10 Tips Masak ala Gordon Ramsay, Lebih Efisien dan Gampang Dilakukan

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You