Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Dapat Digunakan Kembali

Tips berguna buat kamu yang sibuk tapi masih mau masak

Saat proses memasak terkadang kita sering sekali menemukan banyak bahan yang tersisa. Hal itu justru akan sangan disayangkan bila kemudian kita memutuskan untuk membuangnya dari pada menggunakannya kembali. Oleh sebab itu, untuk tetap awet dan dapat digunakan kembali tentu kita harus memiliki trik khusus dalam menyimpan sisa bahan makanan yang ada.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara menyimpan bahan makanan sisa agar tetap awet dan dapat digunakan kembali. Berikut lima daftarnya!

1. Menyimpan di tempat yang terjangkau

5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Dapat Digunakan Kembalimind-blowingfacts.com

Ketika kita masih menemukan bahan makanan sisa yang sekiranya masih dapat diolah kembali, kita dapat kemudian menyimpannya di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Tentu dengan begitu, nantinya bahan tersebut akan dapat digunakan lagi secara efektif tanpa harus ribet mencari-cari kembali.

2. Simpan di wadah tertutup dan kedap udara

5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Dapat Digunakan Kembalirachaelrayshow.com

Satu tips ini sangat dirasa cocok untuk kalian yang biasa menemukan bahan makanan sisa di dapur. Jangan sekali-kali menggunakan wadah yang terbuka sebab akan meningkatkan kemungkinan untuk terkontaminasi. Oleh sebab itu, gunakan wadah tertutup yang kedap udara serta transparan untuk memudahkan kita menjaga kualitas di dalamnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Bahan Makanan Agar Terhindar dari Keracunan

3. Jangan mencampur bahan makanan

5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Dapat Digunakan Kembaliecoden.ca

Apabila kamu menemukan lebih dari satu bahan makanan yang tersisa, alangkah lebih baik bila kamu tidak mencampurkan bahan-bahan tersebut di dalam satu wadah yang sama. Hal ini akan membuat cita rasa serta aroma yang dihasilkan akan bercampur sehingga menurunkan kualitas dari bahan makanan tersebut.

4. Segera gunakan bahan makanan sisa

5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Dapat Digunakan Kembalimyfooddiary.com

Bila kamu memang sering sekali menyisakan bahan makanan, akan lebih baik bila kita menggunakannya kembali segera dan tidak membiarkannya terlalu. Hal itu sebagai bentuk dalam menjaga kualitas bahan makanan di dalamnya sehingga masih dapat kita nikmati secara aman dan sehat.

5. Hindari penyimpanan dalam logam

5 Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Tetap Dapat Digunakan Kembaliturnto23.com

Untuk kamu yang sering mengolah makanan dari kalengan, sering kali banyak orang yang justru menyimpan sisa makanan kaleng di kulkas begitu saja dalam keadaan terbuka. Padahal hal tersebut akan membuat logam di dalamnya bercampur dengan bahan makanan tersebut sehingga menghasilkan cita rasa yang khas logam. Tentu akan lebih baik bila bahan sisa dari makanan kaleng dipindahkan ke tempat khusus yang kedap udara agar menjaga kualitasnya.

Nah, lima tips menyimpan sisa bahan makanan di atas semoga dapat menjadi inspirasi dan referensi menarik bagimu. Jangan sampai salah lagi ya!

Baca Juga: Kami Tahu Kelebihan Dalam Dirimu dari Pilihanmu Terhadap Bahan Makanan Ini

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You