Comscore Tracker

5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuk

Salah simpan, bisa bahaya lho

Memasak merupakan kegiatan yang seringkali dilakukan baik itu bagi wanita maupun pria untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Memasak tentu tidak akan lengkap apabila kita melewatkan salah satu rempah penting di dalamnya. Rempah tersebut biasa kita sebut sebagai rempah dapur karena memang kegunaannya bagi berbagai masakan dan makanan

Ada banyak jenis rempah dapur yang mana kita dapat mendapatkannya secara mentah ataupun secara instan yang sudah jadi. Terlepas dari kegunaan dan ciri karakteristiknya, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara menyimpan rempah dapur agar tetap awet dan tidak busuk?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara menyimpan rempah dapur yang baik agar tahan lama dan terhindari dari kebusukan, simak yuk apa saja!

1. Hindari menyimpan di tempat lembab

5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuktheprepperjournal.com

Pada rempah dapur yang masih mentah atau belum dihaluskan, tidak disarankan bagi kita untuk menyimpannya di tempat lembab pada bagian dapur. Hal ini karena rempah dapur yang disimpan pada sisi lembab akan rentan untuk tumbuh tunas sehingga nantinya dapat mempengaruhi kualitas yang dihasilkan di dalamnya. Simpanlah di tempat yang sejuk seperti lemari es, namun bukan di tempat yang lembab.

2. Jangan disimpan langsung di bawah sinar matahari

5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuksilversneakers.com

Hal lainnya saat menyimpan rempah dapur adalah dengan tidak meletakannya langsung di bawah sinar matahari karena tentunya hal ini akan menurunkan kualitas dan kesegarannya. Rempah dapur akan rentan mengering karena terlalu intens terkena sinar matahari langsung, ini lah yang menyebabkan rempah dapur tidak boleh terkena cahaya matahari langsung.

Baca Juga: 6 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Saffron, Si Rempah Termahal di Dunia

3. Simpanlah di toples atau wadah bersih

5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busukjulieharringtonrd.com

Untuk menjaga kualitas serta kesegaran yang akan didapat dari rempah dapur yang kita beli, kita dapat menyimpannya pada wadah maupun toples bersih. Toples atau wadah tersebut mampu menjaga kebersihan dan kualitas dari rempah dapur agar tidak terkontaminasi ataupun tercampur zat lainnya, apalagi jika rempah dapur tersebut sudah dihaluskan.

4. Tips agar rempah dapur lebih awet lama

5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busukcarobcherub.com

Jika menyimpan rempah dapur terlalu lama ditakutkan membuat kualitas dan kesegarannya menurun, maka kita dapat mencoba tips cerdas yang satu ini. Tipsnya yaitu dengan cara menghaluskan berbagai rempah dapur dan menumisnya kembali hingga matang dan aroma wanginya keluar.

Kemudian, simpanlah rempah yang telah halus dalam wadah bersih dan masukan ke dalam lemari es. Kita dapat menggunakannya sesuai kebutuhan kita, namun hal yang perlu diperhatikan adalah wadah penyimpanannya harus dibedakan antara satu rempah dengan rempah lainnya.

5. Beberapa rempah dapur wajib dicuci sebelum disimpan

5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuklearningherbs.com

Jika kita membeli beberapa rempah dapur seperti jahe, lengkuas, kencur, maupun kunyit, maka pastikan untuk mencuci rempah tersebut karena dikhawatirkan masih terdapat sisa-sisa tanah maupun debu yang menempel pada kulitnya. Setelah mencucinya sampai bersih, kita dapat menjemurnya sebentar hanya sampai rempah tersebut kering dan bersih dari air, kemudian dapat menyimpannya kembali.

Nah, lima tips menyimpan rempah dapur di atas dapat kamu coba agar tetap selalu awet dan terjaga kesegarannya. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Resep Kudapan Ramadhan Kaya Rempah, Dijamin Cocok di Lidahmu

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You