Comscore Tracker

5 Tips dan Cara Menyimpan Pisang biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!

Biar gak berakhir di pembuangan dan sia-sia

Pisang seringkali dinikmati sebagai makanan pencuci mulut. Rasanya yang manis dan lembut membuat buah ini menjadi favorit banyak orang, termasuk keluarga di rumah.

Sebagai buah yang kaya akan nutrisi, kamu perlu menyimpan pisang dengan cara yang baik dan benar. Apalagi pisang termasuk buah yang cepat matang dan busuk. Nah, biar gak terbuang sia-sia, simak lima tips menyimpan pisang di bawah ini, ya.

1. Jangan simpan pisang di dalam kulkas

5 Tips dan Cara Menyimpan Pisang biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!Pisang (Pixabay.com)

Sebagai buah-buahan tropis, sebaiknya jangan menyimpan pisang dalam kulkas. Terutama pada pisang yang belum matang, hal tersebut akan menghambat proses matangnya pisang dan membuat pisang cepat busuk.

Agar pisang tidak cepat busuk, sebaiknya kamu menyimpan pisang pada suhu ruangan. Hal tersebut akan mempertahankan kelembutan, aroma, dan manis pisang.

2. Gantung pisang

5 Tips dan Cara Menyimpan Pisang biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!Penjual Pisang di Pinggir Jalan (IDN Times/Sunariyah)

Menggantung pisang bertujuan untuk mengurangi paparan sinar matahari. Pisang yang digantung akan mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan menghambat proses pematangan pisang.

Pastikan pisang yang kamu gantung tidak berdekatan dengan buah lainnya, karena akan terjadi proses penyebaran gas etilen yang menyebabkan pisang cepat matang.

3. Bungkus batang pisang dengan plastik

5 Tips dan Cara Menyimpan Pisang biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!Pisang (garutexpress.id)

Untuk membuat pisang agar lebih awet, kamu memerlukan plastik bersih dan membungkus plastik pada batang pisang.

Bagian batang pisang lebih cepat mengeluarkan gas etilen yang membuat pisang jadi cepat busuk. Maka dari itu, membungkus batang pisang dengan plastik dapat menghambat proses pembusukan pisang.

Kamu juga bisa membungkus kesuluruhan pisang dengan plastik. Hal tersebut juga dapat menghambat proses pelepasan gas etilen.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Beras supaya Bebas Kutu dan Semut, Tahan Lama Pula 

4. Pastikan pisang tidak terkena sinar matahari

5 Tips dan Cara Menyimpan Pisang biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!Pisang (pixabay.com)

Pisang yang bagus adalah pisang yang memiliki kulit bersih, halus, dan tidak ada bintik hitam. Jika pisang memiliki bintik-bintik hitam, tandanya pisang sudah terlalu matang.

Usahakan agar pisang disimpan dalam ruangan yang tidak terkena matahari langsung. Karena jika pisang langsung terkena matahari, maka akan membuatnya cepat busuk.

5. Simpan pisang dalam freezer

5 Tips dan Cara Menyimpan Pisang biar Gak Cepat Busuk, Wajib Tahu!Ilustrasi menyimpan pisang dalam freezer (thespruceeats.com)

Kamu bisa menyimpan pisang di dalam freezer, supaya pisang tidak cepat busuk. Caranya, kupas pisang terlebih dahulu, lalu potong-potong pisang. Setelah pisang terbagi menjadi beberapa bagian, masukkan pisang ke dalam plastik.

Kemudian, simpan pisang di dalam freezer. Pisang yang membeku akan menghambat proses pembusukan. Usahakan menggunakan plastik zip lock, agar tidak banyak sirkulasi udara yang masuk.

Nah, itulah cara menyimpan pisang supaya tidak cepat busuk. Hayoo...cara menyimpanmu sudah benar, belum?

Baca Juga: 8 Tips Menyimpan Telur, supaya Tetap Segar dan Tak Tercampur Bakteri

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya