Comscore Tracker

Selain Bayam, 5 Makanan Ini Juga Gak Baik Dimasak Dua Kali!

Ayo, hati-hati ya mulai sekarang kalau manasin makanan

Kita sering beranggapan bahwa makanan hangat atau panas jauh lebih enak ketimbang makanan yang sudah dingin. Nyatanya, tidak selalu demikian. Makanan mentah justru jauh lebih baik untuk kesehatan karena nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak mengalami kerusakan. Namun, konsumsi makanan mentah juga harus memerhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku seperti kebersihan yang terjamin.

Ada beberapa jenis makanan yang tidak baik bahkan cenderung berbahaya jika mengalami pemanasan lebih dari satu kali. Bayam adalah satu dari sekian makanan yang diyakini berubah jadi racun jika dimasak dua kali atau dibiarkan lebih dari 4 jam. 

Apa saja makanan yang tidak baik dipanaskan lebih dari satu kali? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Lobak

Selain Bayam, 5 Makanan Ini Juga Gak Baik Dimasak Dua Kali!unsplash/DamienCreatz

Lobak adalah umbi yang sering diolah menjadi sayur berkuah, oseng, acar ataupun dimakan mentah secara langsung. Dalam kajian ilmiah, lobak sangat baik untuk kesehatan ginjal, menurunkan panas tubuh akibat demam dan obat batuk. 

Kandungan lobak didominasi oleh nitrat karena tergolong umbi-umbian. Jika mengalami pemanasan secara terus menerus, kandungan nitrat akan berubah jadi nitrit. Perubahan tersebut bisa menyebabkan keracunan, sakit kepala, batuk dan sulit berkonsentrasi. 

2. Seledri

Selain Bayam, 5 Makanan Ini Juga Gak Baik Dimasak Dua Kali!pixabay/Jackmac

Pasti kamu gak asing dengan tumbuhan yang satu ini. Daun seledri sering dijadikan taburan sup, mie rebus dan rendang saat dinikmati. Tanpa disadari, seledri memiliki manfaat besar untuk kesehatan sebagai pencegah kanker, terapi pembersihan ginjal dan membangkitkan selera makan.

Namun, jika dipanaskan secara terus menerus, kandungan gizi di dalamnya akan hilang. Sebaiknya, seledri tetap dikonsumsi secara mentah-mentah. 

3. Jamur

Selain Bayam, 5 Makanan Ini Juga Gak Baik Dimasak Dua Kali!pixabay/ExplorerBob

Jamur memiliki kandungan protein, serat dan vitamin yang tinggi. Jamur juga mengandung antioksidan yang tidak bisa dianggap remeh. Untuk mendapatkan gizi baiknya, jamur bisa dimakan secara mentah-mentah. Jikalaupun ingin diolah, sebaiknya sedikit menggunakan minyak atau terlalu lama saat dipanggang. 

Protein jamur yang mengalami pemanansan berkali kali dapat menyebabkan maag di lambung. Selain itu, kandungan gizinya justru akan berubah jadi lemak. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Sebaiknya Gak Dipanaskan Ulang Pakai Microwave

4. Kentang

Selain Bayam, 5 Makanan Ini Juga Gak Baik Dimasak Dua Kali!pixabay/JamesHill

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga cocok untuk menu diet. Kentang yang dipanaskan berulang kali dapat memicu pertumbuhan bakteri Clostridium botulinum yang menghasilkan racun botulin. Racun ini menghasilkan spora dan berkolonisasi di usus yang berakibat infeksi pada luka dan kekakuan otot.

5. Telur

Selain Bayam, 5 Makanan Ini Juga Gak Baik Dimasak Dua Kali!pixabay/JillWellington

Telur memang dikenal sebagai penghasil protein yang tinggi. Jika mengalami pemanasan, kandungan gizinya akan berkurang. Sebaiknya, telur dimasak dan dikonsumsi setengah matang agar kandungan proteinnya tetap utuh. Jika telur dipanaskan berulang dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena protein mengalami kerusakan. 

Nah, itulah sederet makanan yang tidak boleh dipanaskan lebih dari satu kali. Para ibu-ibu wajib tahu agar senantiasa bisa menyajikan menu sehat untuk keluarga tercinta.

Baca Juga: 5 Frozen Food Kaya Protein untuk Stok Ramadan, Bergizi Tinggi!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You